Menyibak Sisi Lain Olga Syahputra

Foto Olga
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVA.co.id - Kariernya sedang berada di puncak ketika penyakit meningitis merenggut keceriaannya. Raganya pun tak berdaya. Setelah nyaris setahun dalam perawatan, takdir menyapa komedian dan presenter Yoga Syahputra alias Olga Syahputra. Ia kembali ke haribaan Sang Maha Pencipta dalam usia yang tergolong masih muda, 32 tahun.

Meski sudah dirawat selama 11 bulan di RS Mount Elizabeth, kabar berpulangnya Olga pada Jumat sore 27 Maret 2015 tepat pukul 17.17 Waktu Singapura, tetap mengejutkan para sahabat maupun penggemarnya. Sebab kendati tahu Olga telah berbulan-bulan berjuang melawan penyakitnya, mereka tetap berharap kesembuhan buat jebolan Sanggar Ananda itu.

Jagat dunia maya pun turut 'menangis'. Ucapan duka atas kepergian pelantun Hancur Hatiku itu membombardir media-media sosial, di antaranya Twitter. Bahkan dalam waktu empat jam terhitung sejak Olga menghembuskan napas terakhirnya, tagar #RIPOlgaSyahputra merajai trending topic dunia.

Kediaman orangtua Olga di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur langsung dibanjiri sahabat dan penggemar dari berbagai daerah yang bertakziah. Puncaknya, ribuan orang mengiringi Sang Bintang ke peristirahatannya yang terakhir, TPU Malaka, Kebon Kelapa.

Sosok Olga yang lucu, jenaka, serta ceplas-ceplos ini, memang begitu membekas di dalam ingatan para sahabat dan penggemarnya, yang rela datang ke TPU sejak pagi. Bahkan sebelum jasad Olga tiba di Tanah Air.

Sejatinya, kesehatan Olga terus merosot sejak dua tahun terakhir. Namun si sulung dari tujuh bersaudara yang pekerja keras ini sempat mengabaikannya. Beberapa waktu sebelum perawatan panjang di rumah sakit, Olga sempat dilarikan ke rumah sakit akibat benjolan yang terasa di lehernya.

Sempat Tertunda Film 'Warisan Olga' Segera Rilis

Segala cara ditempuh untuk menghilangkan benjolan, berobat ke alternatif hingga ke Jerman. Tubuh Olga juga sempat dipenuhi bintik-bintik merah. Olga berkilah ia hanya kecapaian, sementara pola makannya berantakan. Ia kembali menjalani rutinitasnya sebagai presenter dan komedian, seolah tidak ada yang terjadi.

Namun, April 2014 lalu, Olga mengejutkan semua orang. Kesehatannya merosot drastis hingga harus dilarikan ke Intensive Care Unit, RS Pondok Indah. Olga mengeluhkan tubuhnya demam dan kepalanya pusing. Ia juga muntah-muntah.

Sayang, pihak keluarga, maupun sang adik yang mengikuti jejaknya di dunia hiburan, Billy Syahputra, tidak bisa memberikan informasi mengenai penyakit Olga. Media saat itu tidak diperkenankan mengetahui perihal penyakit sesungguhnya yang diderita Olga.

Akibatnya kabar penyakit Olga sempat simpang siur, mulai dari kanker otak hingga syaraf terjepit. Kejelasan penyakit yang diderita Olga baru didapat dalam pennyataan resmi dokter yang menangani Olga di RS Pondok Indah, dr Rubiana Nurhayati Sp. S. "Olga tidak ada kanker otak, tidak ada saraf kejepit," kata Rubiana.

Hasil pemeriksaan, kata dia, menunjukkan daya tahan tubuh bintang Pesbukers itu merosot karena kelelahan yang amat sangat, ditambah kebiasaan buruknya yang suka makan sembarangan dan tidak tepat waktu.

"Olga terlalu capek karena begitu banyak bekerja, terus makannya juga tidak terlalu baik. Makanya dia mual, muntah," ujarnya.

Selang beberapa pekan, karena sakit yang diidap Olga semakin parah, ia dilarikan ke Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura, untuk mendapat penanganan lebih serius. Lagi-lagi, apa penyakit Olga tidak ada yang tahu. Akses informasi seolah tertutup. Bahkan para sahabatnya pun dilarang menemui Olga. Belakangan disebut-sebut Olga menderita meningitis.

Jelang Ramadhan, Raffi Ahmad Ziarahi Makam Olga Syahputra



Tak kenal istirahat

Soal kerja keras, memang tidak ada yang meragukan Olga. Ketenarannya didapat lewat usaha keras, jatuh bangun. Sebelum meraih sukses, Olga bukan siapa-siapa. Ia hanya bocah yang kerap dimintai tolong membeli makanan oleh para artis. Ketertarikannya yang kuat pada dunia entertainment menggiringnya ke Sanggar Ananda pimpinan Aditya Gumay. Olga remaja mengasah talentanya di sini. Ia mengisi acara Lenong Bocah.

Honornya kala itu tidak langsung membumbung tinggi seperti saat ini yang mencapai miliaran rupiah. Di awal kariernya ia pernah menerima honor sebesar Rp50.000. Olga tak berkecil hati, ia tetap bekerja dan bekerja tanpa henti. Hingga wajahnya kerap dilihat di berbagai acara televisi.

Sahabat sekaligus rekan seprofesinya, Melaney Ricardo, mengaku kaget dengan jam kerja yang dilakoni Olga selama ini. Olga kerja mulai pagi hingga malam, bahkan sampai bertemu pagi lagi.

"Jam kerja dia luar biasa. Meski salut saya sebenarnya kasihan sama dia," ujar Melaney.

Melaney tak habis pikir Olga bekerja tanpa memikirkan waktu beristirahat. Ia melihat Olga jarang meminta waktu istirahat.

Sahabat Olga yang lain, Kartika Putri sempat menegur Olga mengapa tak izin saja jika sedang sakit. "Kadang kalau dia sakit, dia tetap kerja.  Sehari itu dia bisa empat tempat," kata Kartika

Luna Maya yang pernah bersama Olga mengisi acara Dahsyat juga tidak pernah berhenti menasihati Olga agar tidak ngoyo mencari uang. Tak hanya lewat BBM (BlackBerry Messenger), Luna juga kadang berbicara langsung kepada kakak Billy itu. Bahwa, kesehatan nomor satu. "Kalau kamu sakit jangan dipaksa. Rezeki sudah ada yang mengaturnya," ujar Luna.

Namun saat itu Luna tak mendapat respons yang diharapkan dari Olga. Kata Luna, Olga hanya bilang ia baik-baik saja, dan tidak sedikit pun mengurangi jam kerjanya yang gila-gilaan. "Dia itu katanya takut kalau ke dokter. Saya bilang istirahat saja," ujar Luna.

Tak hanya pekerja keras, di mata para sahabatnya Olga juga orang yang selalu memperhatikan dan menduhulukan kepentingan orang lain dibanding dirinya sendiri.

"Olga itu orang yang baik, care sama siapa saja orang di sekitarnya. Dia juga sangat memikirkan keluarganya dan selalu mementingkan kepentingan orang lain dibanding dirinya," kata salah satu sahabatnya, Uya Kuya.

Di mata komedian senior Oppie Kumis, Olga adalah orang yang baik dan selalu menebar kebahagiaan untuk orang lain. "Walau dia sakit, badannya panas, Olga tetap masih bisa bercanda. Dia itu juga orang yang perhatian dan selalu siap membantu," ujar Oppie.

Sosok yang galak

Billy Syahputra Menahan Tangis di Atas Panggung

Sementara bagi Tarra Budiman, Olga adalah sosok yang membuat dirinya bisa dikenal banyak orang. Olga membuka jalannya terjun menjadi artis.

"Saya bisa sampai di tahap ini juga berkat bantuan Olga. Dia bukan hanya sebagai teman biasa, tapi juga kayak kakak sendiri yang selalu support saya untuk maju," kata Tarra.

Tarra mengaku banyak belajar dari almarhum. Terutama trik bagaimana melawak di depan publik. Tak hanya sekadar menjadi pemain, ia juga harus memperhatikan segala gerak-gerik memancing tawa penonton.

"Jadi gue harus peka juga di sini," ujar Tarra.

Lain lagi dengan Chand Kelvin. Kehidupannya berubah drastis berkat tangan dingin Olga. Dari seorang pegawai pabrik, kini Chand sukses meniti karier sebagai komedian.

Dalam membimbing artis-artis baru, Olga diketahui tak segan bertindak tegas. "Olga itu mentor gue. Dia galak tapi tujuannya baik. Untuk diri gue dan semua orang yang di dekatnya," ucap Chand.

Artis lainnya yang juga patut berterima kasih atas jasa Olga adalah Ayu Ting Ting. Meski namanya sudah melambung lewat lagu Alamat Palsu, Ayu justru kini semakin dikenal sebagai presenter. Hal ini tentunya tak lepas dari campur tangan Olga Syahputra.

Mulanya, Olga sering membawakan tembang milik Ayu, berjudul Minyak Wangi. Ayu pun kemudian diundang ke acara musik tersebut.

"Dia bilang, 'Gue nih yang nyanyiin lagu elo terus di sini'. Itu pertama kalinya saya bertemu Olga," ujar Ayu meneteskan air mata.

Tak cukup tampil sekali, Ayu diminta Olga turut menjadi presenter di acara yang sama. Sejak saat itu, Ayu lebih banyak wara-wiri di televisi sebagai presenter.

Religius dan dermawan

Tak banyak yang tahu, bahwa Olga yang kerap berceloteh dan bergaya gemulai merupakan sosok yang religius. Seorang manajer boyband bercerita kepada VIVA.co.id, tentang sosok Olga yang taat beribadah.

Daiz La Ode, manajer boyband Motion memiliki kenangan sendiri dengan sosok Olga Syahputra. Meski tak sedekat layaknya sahabat, Daiz mengaku kerap teringat kata-kata Olga, sehingga dia lebih mendekatkan diri kepada Tuhan.

Suatu ketika, kata dia, Motion mengisi sebuah acara musik, Olga yang saat itu sedang break (istirahat) mengajak Daiz salat duha. Daiz pun terkejut, tak menyangka Olga sangat religius.

Daiz lalu ikut salat, meski tak bersama Olga. Setelah acara selesai, Olga dengan kerendahan hatinya mengajak boyband Motion dan Daiz mengobrol di tempat make-up. Olga saat itu memberikan semangat kepada boyband-nya. Ia sempat berbagi cerita mengenai kisah masa lalunya yang sulit hingga dikenal luas.

"Dia kasih dukungan ke anak-anak. Katanya, meski masih boyband baru jangan takut berjuang. Semangatnya itu yang kami ingat," ujar Daiz.

Tak hanya religius, Olga juga dikenal dermawan dan suka menyantuni anak yatim. Banyak sahabatnya sesama rekan artis menjadi saksi kemurahan hati Olga membagikan harta miliknya.

"Saya kagum sama Olga, dia baik sama sekali kepada orang yang baru dikenalnya. Dengan anak yatim dia nggak sayang untuk memberi uang," ujar Betrand Antolin.

Kemurahan hati Olga, kata Betrand, patut dicontoh. Olga yang lahir dari keluarga pas-pasan lalu menjadi kaya raya tidak ingin seperti kacang lupa akan kulitnya.

Olga bahkan rela membagi-bagikan honornya. Rekan sesama artis yang pernah kecipratan honor Olga adalah Vico, Mr Bean Indonesia. Vico mengenal Olga di tahun 2010. Dia mengaku pernah diberi uang oleh Olga saat usai mengisi acara di sebuah stasiun televisi.

"Saat itu aku dikasih uang Rp100 ribu, Rp50 ribu dua lemabaran. (Dan itu) nggak hanya aku, kru, teman artis yang baru sampai satpam juga dikasih," kata Vico mengenang kebaikan Olga.

Vico menduga uang yang dibagikan Olga hasil kerja kerasnya atau honornya menghibur di acara tersebut.

Apa yang dialami Vico, juga dialami Opie Kumis. Opie yang pernah mengalami pasang surut di dunia hiburan mengaku terenyuh dengan sikap dermawan Olga. Saat tidak punya uang sepeser pun, Olga mengulurkan tangannya.

"Dia kasih gue Rp10 juta. Dia bilang nggak usah pinjam, pakai saja nggak usah dibalikin," tutur Opie yang kemudian menangis mengenang kejadian itu.

"Dia kalau nolongin orang nggak tanggung-tanggung, walaupun saat ngebantu dia suka pakai sentilan pembicaraan. Tapi, biasalah becanda," ujar Opie.

Kini Olga sudah tenang di sisi Sang Maha Pencipta. Tidak ada lagi derai tawa khas sang komedian. Selamat jalan Olga....



![vivamore="Baca Juga :"]





[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya