Menilik Keindahan Batik Tulis Usia 95 Tahun

Lukisan usia 80 tahun di Galeri APIK
Sumber :
  • dokumen pribadi
VIVA.co.id
Batik Alleira Hadirkan Sisi Feminisme Wanita Urban
- Seni batik tulis akan selalu menjadi kebanggaan Indonesia. Seperti yang dilakoni oleh galeri Apik Jakarta yang dengan bangga memamerkan sebuah karya anak bangsa dengan batik tulisnya kali ini di Plaza Radio Dalam 3A, Jakarta Selatan.

Wali Kota Amerika di Somersworth Bangga Pakai Batik

Galeri yang telah melakoni gelaran selama 43 kali ini bangga bisa menunjukkan karya batik tulis berusia 95 tahun. Dikatakan Direktur Galeri Apik, Rahmat, sekitar ratusan pengunjung pun sudah meleburkan rasa penasarannya dengan melihat batik tulis tersebut.
Tips Merawat Kain Tradisional Nusantara


"Usia batik yang dipamerkan tertua berusia 95 tahun, yaitu jenis batik tulis asli Oey Soe Tjoen dan Kopi Tutung. Jadi yang dipamerkan itu semuanya adalah kain unggulan (wastra prima)," jelas Rahmat melalui pesan singkatnya, Kamis 30 April 2015.


Rahmat juga menambahkan bahwa kain batik dan tenun adalah bagian dari karya seni, budaya dan desain tradisi. Hanya saja menggunakan media kain.


"Semuanya adalah batik tulis. Sebagian dibuat hanya satu-satu saja setiap jenisnya dan tidak dibuat dalam edisi atau banyak artist’s proof seperti patung tembaga. Dalam proses pembuatan batik, bisa memakan waktu cukup lama jika dibuat tekun seperti halnya lukisan," katanya.


Pameran lukisan dan karya batik tulis ini digelar sampai 25 Mei mendatang. Rahmat meyakini, pameran dengan tema batiknya itu akan digandrungi para kolektor batik dari beberapa negara tetangga.


"Batik sangat identik dengan Indonesia. Sangat khas Indonesia. Jadi pasarnya sangat luas dan beberapa investor kolektor negara asing seperti Jepang, Amerika, Australia dan negara ASEAN seperti Singapura dan Malaysia sangat antusias mengumpulkannya sejak puluhan tahun lalu," jelasnya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya