Belasan Koki Bertarung di Lomba Kuliner Makassar

Festival kuliner Bekasi
Sumber :
VIVA.co.id
Kelezatan Ikan Kudu-kudu Khas Makassar di Puang Oca Jakarta
- Kementerian Pariwisata (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar, menggelar
event
Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans
Lomba Kuliner berbahan ikan lokal dan Makassar Culinary Night Ramadhan pada Sabtu 4 Juli 2015 mendatang di kawasan Balai Kota Makassar, Sulawesi Selatan.
Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Personal Pariwisata Nusantara Kemenpar Raseno Aryam menyampaikan dalam ‎ajang itu masyarakat tidak hanya bisa menikmati jajanan kuliner, tetapi juga menyaksikan lomba kuliner yang pesertanya dari masyarakat setempat dan para chef.

Tercatat, sudah ada 15 chef dari hotel-hotel di sekitar Makassar yang dipastikan bertarung pada lomba kuliner dengan berbahan dasar ikan tersebut.

‎

"Dengan ajang seperti lomba kuliner ini kami bisa menarik minat wisatawan, yakni bisa meningkatkan capaian kunjungan 255 juta wisatawan nusantara dan 10 juta wisatawan mancanegara yang ditargetkan pada tahun ini. Apalagi, sesuai arahan Pak Menteri (Menteri Pariwisata Arief Yahya), kami juga diminta untuk memperbanyak kegiatan wisata Ramadan," kata Raseno kepada
VIVA.co.id,
Selasa 30 Juni 2015.


Di sisi lain, sambung Raseno, ‎untuk ‎mengundang lebih banyak pengunjung, ‎Kemenpar bersama Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar juga menggandeng Indonesia Chef Assosiation (ICA), agar ikut ambil bagian dalam cooking demo yang dibawakan oleh Chef Juna.


Di antara cooking demo itu, Chef Juna akan menampilkan coaching clinic ‎mengenai seluk beluk kopi mulai dari cara menentukan biji kopi terbaik, sampai teknik menyeduh untuk menghasilkan kopi yang enak.


Raseno ‎pun menargetkan dari kegiatan lomba kuliner dan Makassar Culinary Night Ramadhan bisa mempromosikan kuliner Indonesia, khususnya kuliner unggulan daerah dan memperkenalkan daya tarik Pesona Indonesia.‎


"Apalagi, sektor kuliner selama ini ikut berkontribusi pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," tambah Raseno.


‎Tahun 2013 misalnya, sektor kuliner memberikan kontribusi nilai tambah bruto sebesar Rp208,6 triliun dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 4,5 persen, dan mampu menyerap 3,7 juta orang dengan pertumbuhan rata-rata 0,26 persen.


"Kami optimis ajang kuliner ini bisa mendorong sektor perekonomian masyarakat setempat," kata Raseno.


‎Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar Rusmayani Madjid menambahkan lomba kuliner dan Makassar Culinary Night Ramadan itu rencananya dibuka oleh Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuty dan ‎Walikota Makassar Mohammad Ramdhan pada Sabtu 4 Juli 2015 mendatang.


Di ajang itu, penyelenggara selain menggelar lomba kuliner juga menyajikan sajian hiburan kesenian Islam dan menyediakan 40 tenant yang menyajikan berbagai makanan tradisional khususnya kuliner khas Kota Makassar.


"Masyarakat bisa mencicipinya sambil jalan-jalan sejak dibuka siang hari pukul 13.00 WIT hingga tengah malam," kata Rusmayani.


Rusmayani pun ‎berharap melalui ajang tersebut, bisa mempromosikan kuliner unggulan daerah seperti kuliner kota Makassar kepada wisatawan mancanegara dan nusantara, khususnya wisatawan dari kawasan Indonesia Timur. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya