Cara Mona Ratuliu Ajarkan Anak Disiplin Bangun Pagi

Mona Ratuliu
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Al Amin

VIVA.co.id - Bukan hal yang mudah membangunkan anak untuk sekolah di pagi hari. Hal ini, sering jadi tantangan tersendiri bagi setiap orangtua. Pengalaman tersebut juga dialami oleh artis cantik, sekaligus ibu tiga anak, Mona Ratuliu.

Mona mengaku punya trik khusus, agar anak-anaknya tak susah dibangunkan di pagi hari.

"Tidurnya harus cukup, PR (pekerjaan rumah) harus dikelarin sebelum tidur. Aku sudah ada kesepakatan dengan anak, harus bisa bangun pagi," kata Mona Ratuliu, saat ditemui di acara Sarapan Sehat Sebelum Jam 9 dengan Energen, di Parkir Timur Senayan, Jakarta Pusat, Minggu 20 Maret 2016.

Menurut Mona, dengan dibuat peraturan tersebut, anaknya jadi lebih mudah dibangunkan. Sebab, ada konsekuensi yang dijalankan, jika sang anak tak mematuhi peraturan tersebut.

"Kalau enggak dilaksanain (bangun pagi), semua keinginan dia enggak dipenuhi. Misalnya, mereka bisa nonton televisi di rumah, asal bisa bangun pagi, mau sarapan, sekolah, atau memang dibikin aturan dari keluarga. Jadi, anakku sudah tahu kalau dia enggak bangun pagi, konsekuensinya ada," ujar Mona.

Peraturan yang dibuatnya dalam keluarga tersebut terbukti manjur di jalan Mona. Dia menambahkan, peraturan itu digunakan, agar anak-anaknya bisa disiplin dengan waktu.

"Konsekuensinya, kalau enggak sekolah, maka semua mainannya yang enak-enak, apapun yang dia suka, enggak bisa dimainin seharian. Nanti, anaknya kan jadi kapok," tambahnya. (asp)

Ajari Anak Mandiri Bisa Dimulai Sejak Usia di Bawah 1 Tahun
Cara kreatif seorang ibu.

Ibu Ini Punya Cara Kreatif Ajarkan Anak Bersih-bersih Rumah

Banyak cara kreatif ajarkan anak mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016