Belajar Musik Jazz dari 9 Pianis Muda Berbakat

Aktor Hollywood Johny Deep (berkacamata).
Sumber :
  • Instagram joeyalexandermusic

VIVA.co.id – Menyambut konser Joey Alexander yang akan diselenggarakan pada 22 Mei 2016 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, iCanStudioLive dan Mahana Live Interact menggelar Jazz Gathering and Jazz Workshop - Road to Joey Alexander Live in Concert.
 
Rangkaian event yang terbuka untuk umum ini akan berlangsung 19 Mei 2016 di Soehanna Hall, The Energy Building SCBD, Jakarta.

Sisitipsi Butuh Waktu 2 Menit untuk Ciptakan Lagu Ini

Event Jazz Gathering merupakan sebuah pertunjukan musik Jazz dengan suguhan utama berupa aksi dari sembilan pianis muda berbakat Indonesia. Sementara itu, Jazz Workshop, merupakan sebuah acara yang akan memberikan kesempatan kepada para penikmat musik jazz untuk belajar langsung kepada para musisi jazz kenamaan, baik dari dalam maupun luar negeri dalam sebuah workshop yang diadakan untuk menyambut kedatangan Joey Alexander di Jakarta.

Lewat rilis yang diterima VIVA.co.id dijelaskan pula bahwa workshop jazz ini nantinya akan terbagi ke dalam empat sesi, di mana penonton bisa belajar langsung mengenai empat topik berbeda yang menjadi dasar dalam musik jazz, di antaranya adalah “Arranging and Composing in Jazz”, “Groove in Jazz”, dan  “Jazz Improv”.

Abdul & The Coffee Theory Akhirnya Rilis Album dan Single

Dalam sesi keempat, penonton akan disuguhkan dengan workshop spesial yang akan diajarkan langsung oleh pemenang penghargaan Grammy, Jeff “Tain” Watts.

Sesi pertama, yaitu “Arranging and Composing in Jazz”, akan dipandu oleh Irsa Destiwi, pianis muda berbakat yang juga merupakan anggota band jazz Bandanaira. Tak hanya dikenal sebagai pianis, Irsa juga dikenal sebagai arranger yang cukup disegani di kalangan jazz.

Balkonjazz Festival 2019, Asyiknya Nikmati Alunan Jazz di Tengah Alam

Dalam workshop ini, ia akan mengajarkan penonton mengenai dasar-dasar mengaransemen dan mengomposisikan lagu dalam musik jazz.

Workshop selanjutnya dilanjutkan dengan sesi “Groove in Jazz”. Dalam sesi ini, penonton bisa mempelajari tentang dasar harmonisasi dan rhythm dalam sebuah grup band jazz. Sesi ini akan dipandu oleh Taufan Goenarso, drummer senior yang juga menjadi pengajar di sekolah musik Jakarta Drum School.

Selanjutnya, workshop akan disusul dengan sesi “Jazz Improv”. Penonton bisa belajar mengenai improvisasi yang merupakan dasar dalam permainan musik jazz.

Di sesi ini, penonton bisa berguru langsung kepada Bintang Indrianto, musisi yang sudah aktif mengisi acara-acara jazz sejak pertengahan tahun 1980-an. Workshop ini akan ditutup dengan  sesi bersama Jeff “Tain” Watts. 

Penonton dapat belajar secara eksklusif bersama drummer legendaris asal Pittsburgh, Pennsylvania, Amerika Serikat yang telah memenangi 6 penghargaan Grammy. Di sini, ia akan  mengajarkan cara mengombinasi rhythm dari musik di wilayah Afrika, Eropa, dan Asia ke dalam  musik jazz dalam sesi yang diberi tajuk “Afro-Eurasian Extension”.

Workshop jazz ini merupakan bagian dari acara Jazz Gathering - Road to Joey Alexander Live  in Concert. Dalam acara ini, penonton tak hanya memiliki kesempatan langka untuk belajar langsung dengan musisi jazz ternama. Namun, juga bisa menyaksikan penampilan dari 9 pianis muda berbakat Indonesia secara gratis tanpa dipungut biaya sedikit pun.

Baca Juga :

Joey Alexander Tampil Memukau di Grammy Awards 2016

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya