Tips Dapatkan Rambut Lurus Tanpa Merusaknya

Wanita berambut panjang.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kadang orang bosan dengan model rambut yang itu-itu saja, sehingga sebagian ingin mengubahnya sesuai dengan tren atau suasana hati. Misalnya, saat memiliki rambut lurus, mereka cenderung ingin memiliki rambut keriting ikal dan mereka yang berambut keriting atau ikal menginginkan rambut lurus.

Ingin Punya Rambut Lurus Selalu, Coba Ikuti Langkah Ini

Keinginan tersebut wajar. Dan bagi mereka yang dilahirkan dengan rambut keriting atau ikal dan ingin rambutnya terus lurus, mau tidak mau harus selalu mencatok rambut, ataupun melakukan smoothing. Namun, hal ini disadari banyak wanita akan menyiksa rambut.

Ada beberapa cara agar rambut tetap bisa lurus tanpa perlu merusak rambut lebih parah, berikut ini seperti dilansir dari Genius Beauty.  

Lima Bahan Alami untuk Dapatkan Rambut Lurus

Mulailah dari kamar mandi

Memang benar tidak ada produk sampo ataupun kondisioner yang bisa meluruskan rambut, tapi perawatan rambut berlabel melembutkan akan membantu menyiapkan setiap helai rambut dengan mendorong tingkat kelembapan.

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri (JLM)

Menurut penata rambut profesional, Sarah Potempa, saat memakai kondisioner, sisir rambut, kemudian bilas hingga bersih. Dan saat keluar kamar mandi, jangan keringkan rambut dengan keras, namun lakukan perlahan dan tepuk ke bagian bawah.

Gunakan pengering rambut yang tepat

Lakukan pengeringan secara kasar, dalam artian, gerakkan pengering ke depan dan belakang, jaga suhu tetap rendah hingga kering hampir 80 persen.

Menurut penata rambut Miranda Kerr, Harry Josh, jangan biarkan rambut sampai berdesis saat menata rambut. "Jika kamu melihat uap atau suara desis, hentikan dan cari tahu apa masalahnya. Rambut harus dalam kondisi kering saat melakukan pelurusan," kata dia.

Jika menambahkan sesuatu produk di rambut, pilihlah dengan baik, karena jika tidak, sama saja seperti mendidihkan sesuatu di antara rambut.

Gunakan pelindung panas

Pilih pelapis rambut yang tepat, tanpa mengandung minyak, bebas silikon, dan yang pasti sanggup melindungi rambut dari panas alat pelurus.

Atur dalam suhu yang rendah

Kalau salon biasa menggunakan 450 derajat, tapi untuk perorangan, sebaiknya gunakan pengatur suhu yang lebih aman, yaitu antara 300 hingga 350 derajat.

Pisahkan rambut

Rambut tidak akan bisa lurus jika diambil secara acak, dalam jumlah yang cukup banyak. Disarankan untuk membagi rambut dalam beberapa bagian. Selain memudahkan melihat hasilnya, pelurusan cara ini akan lebih baik.

Jangan lakukan penekanan berulang

Tekanan adalah kunci dalam melakukan pelurusan rambut. Buat tekanan, dan tarik alat catok ke bawah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya