Ketahui Waktu Kedaluwarsa Lipstik hingga Cat Kuku

Lipstik merah muda
Sumber :
  • Istimewa/Beauty Bar

VIVA.co.id – Sebagian wanita yang jarang mengenakan kosmetik membuat lipstik atau produk kosmetik yang dimilikinya menjadi awet. Tapi tidak selamanya produk tersebut dapat disimpan lantaran memiliki tanggal kedaluwarsa.

Tips Mengetahui Ciri-ciri Kosmetik Kedaluwarsa

Jika Anda sayang membuangnya, sebaiknya pikirkan dampak bagi kesehatan jika dipaksa untuk digunakan. Hal ini karena kosmetik bisa menjadi tempat tumbuhnya bakteri, sehingga penting untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa dari setiap produk kosmetik secara teratur untuk menghindari terjadinya iritasi, infeksi mata, jerawat dan bintil.

Perlu diketahui bahwa tidak seperti bahan makanan, tulisan use by dates pada kosmetik tergantung pada kali pertama kali mereka digunakan, bukan pada tanggal pembelian. Dilansir dari laman Byrdie, ada cara mudah mengetahui seberapa panjang atau pendek usia produk kecantikan.

Cara Cerdas Manfaatkan Kosmetik Kedaluwarsa

Misalnya, semakin lembap sebuah produk atau lebih dekat digunakan untuk mata, semakin pendek usia sebuah produk setelah dibuka. Terpecah-pecah, perubahan tekstur, atau aroma pada sebuah produk menjadi tanda untuk segera menyingkirkan kosmetik kesayangan.

Berikut ini tanggal kedaluwarsa yang perlu diketahui dari sejumlah produk kecantikan Anda.

Gelar Razia, Polisi Sita 27 Kardus Obat Kedaluwarsa

Alas bedak

Daya simpan: Enam bulan hingga satu tahun
Tips: Pastikan alas bedak bebas bakteri dan agar bisa lebih awet jauhkan jari dari bagian leher botol. Sebaiknya, tetes lembut pada punggung tangan sebelum digunakan. Jika melihat adanya perubahan tekstur seperti terpecah, sebaiknya segera buang.

Parfum

Daya simpan: Delapan hingga 10 tahun
Tips: Parfum merupakan produk paling awet dalam rutinitas kecantikan sejauh ini. Untuk memaksimalkan usia parfum, pastikan untuk menjauhkan parfum dari sinar matahari secara langsung.

Lipstik, liner dan gloss

Daya simpan: Satu tahun
Tips: Jika melihat ada perubahan pada teksturnya, misal mengering atau lengket, sebaiknya tidak digunakan. Dan untuk membuat produk lebih tahan lama, simpan di tempat yang kering dan sejuk, bukan di tempat yang panas.

Pensil alis dan eyeliner

Daya simpan: Satu tahun
Tips: Pensil memiliki daya simpan lebih lama dibanding produk untuk mata, karena selalu ditajamkan. Jauhkan liner dari kamar mandi beruap untuk memperpanjang usia produk.

Maskara

Daya simpan: Tiga bulan
Tips: Ganti maskara secara teratur untuk menghindari infeksi pada mata. Ganti setiap tiga bulan atau lebih cepat jika melihat formula mulai menggumpal atau mulai beraroma aneh, dan pastikan untuk tidak menggunakan maskara bergantian atau berbagi dengan orang lain.

Eyeliner cair

Daya simpan: Tiga hingga empat bulan
Tips: Mirip dengan maskara, jangan menggunakan eyeliner ini bergantian, karena bakteri adalah musuh terbesar produk ini.

Perona pipi dan bedak

Daya simpan: Dua tahun
Tips: Ini adalah produk kosmetik dengan warna paling awet dibanding produk lainnya, perona tabur bahkan bisa bertahan hingga dua tahun penuh.

Perona krim dan multiple stick

Daya simpan: 12-18 bulan
Tips: Multiple stick berbentuk panjang, namun bisa digunakan sebagai perona sekaligus lipstik. Segera singkirkan jika melihat ada perubahan tekstur pada produk ini. Dan pastikan selalu menggunakan tangan yang bersih saat mengaplikasikan mereka untuk membantu memastikan tempatnya bebas bakteri.

Eyeshadow

Daya simpan: Tiga hingga enam bulan
Tips: Meski berbentuk tabur seperti bedak dan perona, eyeshadow tidak bisa bertahan lama karena digunakan di sekitar mata.

Cat kuku

Daya simpan: Satu hingga dua tahun
Tips: Jauhkan dari panas dan sinar matahari langsung, yang bisa membuat cat kuku berubah warna dan terpecah-pecah.

Gel liner

Daya simpan: Dua bulan
Tips: Sayangnya meski menjadi favorit wanita, gel liner harus sering diganti karena mudah menyimpan bakteri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya