Desainer dan Pengamat Mode Belanda Puji Batik Motif Papua

Batik Mamayoo Papua di Belanda
Sumber :
  • KBRI Den Haag, Belanda

VIVA.co.id – Pergelaran Fashion Diplomacy yang KBRI Den Haag bersama Dharma Wanita Persatuan  menampilkan fesyen batik motif Papua, Mamayoo. Acara ini diawali dengan suguhan cocktail dengan aneka makanan khas Indonesia untuk para tamu dan disusul dengan penampilan tari Mambri dan Yospan dari Papua.

Cantiknya Batik Sekar Arum Sari, Resmi Jadi Seragam Baru Jemaah Haji Indonesia 2024

Duta Besar I Gusti A. Wesaka Puja membuka acara dengan sambutan singkat. “Fashion adalah tentang ekspresi diri. Selain itu, fashion juga ditujukan untuk pemahaman budaya. Lewat event ini, kita bisa mengerti budaya lain,” katanya.

Dubes menambahkan Papua merupakan satu dari 17.000 pulau di Indonesia.

Didiet Maulana: Shopee Buktikan Batik Lokal Juga Layak Ekspor

“Jika Anda bisa mengeksplorasi kecantikannya, maka Papua akan membawa keajaiban bagi Anda semua.” Dubes mengakhiri sambutannya dengan mengutip kata-kata Gianni Versace, “Don’t make fashion own you, but you decide what you are, what you want to express by the way you dress and the way you live."

Usai sambutan, acara dimeriahkan dengan penampilan Lucky Octavian dan Shamilla Cahya yang khusus didatangkan dari Indonesia. Menjadi puncak acara malam itu adalah peragaan busana Batik Mamayoo Private Collection yang disambut dengan antusias para hadirin.

Makna 8 Motif Batik Nusantara, Dianggap Senjata Hingga Simbol Cinta dalam Pernikahan

“Saya sangat menyukai pagelaran ini, sangat memberi pencerahan," kata perancang busana terkenal Belanda, Allan Vos. “Beberapa busana yang ditampilkan sangat mengejutkan,” ia menambahkan.

Komentar serupa juga disampaikan pengamat mode, Marianne van Stekelenburg. "Desainnya sangat bagus. Busana-busana yang ditampilkan sangat kaya warna dan seksi," katanya.

Sementara itu Lyana Odinokaja, Account Manajer Dillewijn Zwapak untuk Eropa Tengah dan Timur begitu bersemangat mengungkapkan kekagumannya.

Fashion show ini sangat bagus. Atmosfer yang terbangun sangat hangat, sangat patriotik, dan tampak sekali ada nuansa penuh cinta di antara orang Indonesia,” ujar Lyana. “Kreasi desainer yang diperagakan sangat tidak biasa. Saya belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya. Saya benar-benar menyukainya. Compliment!”

Menurut Lyana, fashion show ini harus dibuat lebih besar lagi. “Orang harus tahu tentang kreasi indah yang ditampilkan malam ini.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya