Fakta Tersembunyi di Balik Industri Fesyen

Ilustrasi fesyen.
Sumber :
  • Pixabay/Markus Spiske

VIVA.co.id – Perkembangan industri fesyen saat ini banyak melahirkan tren baru di setiap musim. Tanpa disadari, banyak juga orang yang kurang menyadari fakta miris di baliknya.

Berkembang Pesat, Modest Fashion Indonesia Sudah Pantas Jadi Kiblat Fesyen Dunia?

Padahal kepedulian terhadap masalah industri fesyen harus dimulai dan disadari produsen dan konsumen. Untuk itu, dalam melakukan perubahan besar pada industri ini dimulai dengan pembeli, seperti membeli pakaian sesuai dengan fungsinya atau kebutuhan.

Berikut ini beberapa fakta tersembunyi di balik industri fesyen menurut Sadikin Gani selaku Pendiri The Actual Style kepada VIVA.co.id.

5 Motor Vespa Bersolek di Indonesia Fashion Week 2024

Harga dijual sesuai proses

Harga yang sebenarnya dari industri fesyen bukanlah harga dari setiap pakaian yang dijual, melainkan harga proses sebuah pakaian yang melibatkan buruh hingga distributor.

Kolaborasi BPJPH, Industri Tekstil dan Designer Luncurkan Indonesia Global Halal Fashion

Tidak berkelanjutan

Ternyata industri fesyen yang beroperasi secara tidak berkelanjutan dan tak ramah lingkungan masih mendominasi. Fesyen memberi dampak besar pada budaya industri.

Banyak terjadi perbudakan dan imbas terhadap lingkungan. Sebanyak 36 juta orang hidup dalam perbudakan modern di sepanjang rantai pasokan label fesyen Barat.  

Menyebabkan masalah sosial

Industri fesyen saat ini harus mulai berubah karena fakta-fakta yang ada menunjukkan bahwa industri ini menyebabkan masalah sosial, seperti buruh yang diperlakukan tidak layak, upah yang juga tidak layak hingga kematian buruh.

Sejumlah fesyen saat produksi membayar upah murah kepada buruhnya, dan selesai produksi, meninggalkan masalah sampah. Bahkan sampah industri fesyen adalah nomor dua setelah sampah minyak, karena sekitar 1 juta pakaian diproduksi dalam satu hari. Padahal saat tak lagi bisa digunakan, pakaian-pakaian ini justru akan menjadi sampah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya