Ketahui Cara Keringkan Rambut dengan Benar

Wanita mandi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Mengeringkan rambut setelah keramas tampak seperti pekerjaan mudah, bukan? Namun, faktanya tidak demiikian. Sebanyak 30 hingga 40 persen rambut rontok akibat cara mengeringkan rambut yang tidak tepat.

Kesalahan Fatal! Semprot Parfum Terlalu Dekat Bikin Wangi Cepat Hilang, Ini Alasannya!

Ya, menggosok rambut dengan handuk akan merusak lapisan rambut dan dapat menyebabkan rambut bercabang. Mengeringkan rambut dengan menepuk-nepuk rambut dan membiarkan rambut tetap lembap dalam waktu lama juga akan membuat kotoran menumpuk di kulit kepala dan menyebabkan rambut berminyak.

Menggunakan pengering rambut memang memudahkan Anda untuk mengeringkan rambut, namun cara ini akan membuat rambut kehilangan kelembapannya. Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk mengeringkan rambut? Berikut caranya, seperti dilansir laman Boldsky.

Masih Pandemi, Perhatikan Ini Kalau Mau Perawatan di Klinik Kecantikan

Remas dengan tangan

Langkah tepat mengeringkan rambut adalah dengan meremas rambut dengan tangan terlebih dahulu sebelum menggunakan handuk. Setelah mandi, ambil sebagian kecil rambut dan remas perlahan. Hindari memelintir rambut karena akan menyebabkan rambut patah.

Rahasia Cantik Venna Melinda, Masih Kece di Usia Hampir 50 Tahun

Gunakan handuk lembut

Handuk berbahan kasar akan merusak rambut. Handuk tersebut akan membuat rambut mengeriting dan memicu rambut patah. Sebaiknya gunakan handuk berbahan mikrofiber atau baju kaus yang sudah tak terpakai. Kain seperti ini akan membuat rambut lebih cepat kering.

Jangan gesek rambut dengan handuk

Ketimbang menggesek-gesekkan helai rambut dengan handuk, meremas rambut dengan handuk secara perlahan adalah cara yang lebih baik.

Gunakan serum rambut

Serum rambut akan membantu membentuk lapisan pelindung dan akan mengurangi kerusakan rambut dari luar. Serum juga berguna untuk melembapkan rambut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya