Tujuh Sayuran Terbaik untuk Atasi Kulit Kusam dan Berjerawat

Ilustrasi kecantikan/wanita.
Sumber :
  • Pixabay/Laleyla

VIVA.co.id – Kulit bersih dan bersinar adalah dambaan setiap orang. Meskipun sangat sedikit orang yang benar-benar diberkati dengan kulit yang sempurna, bukan berarti Anda tidak bisa memilikinya.

10 Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Dan bagi Anda yang memiliki masalah kulit, seperti jerawat, pori-pori besar, dan kusam, tak perlu khawatir, karena ada beberapa sayuran yang dapat digunakan untuk membuat wajah bersih, halus, dan cerah. Hasil penggunaan bahan alami ini memang tidak secepat obat-obatan kimia atau perawatan modern lainnya, namun cukup murah, efektif dan aman untuk kulit asal diterapkan secara rutin.

Berikut ini deretan sayuran yang bisa menjadi alternatif untuk membuat wajah cerah, seperti dilansir dari Boldsky.

Pengakuan Erick Thohir dan PSSI soal Kinerja Shin Tae-yong

1. Tomat

Tomat kaya akan vitamin C dan memiliki kandungan asam. Ini membantu mencerahkan warna kulit dan memudarkan bintik-bintik gelap secara perlahan.

Medco Energi Resmi Divestasi Seluruh Sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V

2. Lemon

Jus lemon adalah pemutih alami terampuh. Menggunakan jus lemon atau ditambah dengan campuran madu bisa membantu pengelupasan kulit mati. Cara terbaik untuk melakukannya, dengan menuangkan beberapa tetes madu ke lemon yang telah dibelah dua dan gosokkan seluruh wajah Anda.

3. Mentimun

Mentimun adalah bahan pemutih terbaik untuk orang-orang dengan kulit sangat sensitif. Sayuran ini mampu mendinginkan kulit dan membantu mengecilkan pori-pori.

4. Kentang

Kentang memiliki mineral dan vitamin yang bila digunakan pada wajah secara tepat dapat membantu menyingkirkan bintik-bintik hitam sekaligus dapat mencerahkan wajah.

5. Wortel

Wortel dapat digunakan sebagai obat untuk jerawat dan komedo pada kulit sensitif, karena mengandung vitamin A.

6. Ubi merah

Jika ubi merah digunakan pada wajah secara teratur dapat memberi semu merah muda alami dan wajah lebih cerah.

7. Bawang putih

Bawang putih memiliki bau yang tajam, tapi punya kemampuan terampuh untuk memudarkan bintik-bintik gelap. Bawang putih juga melindungi kulit dari sinar matahari dan radikal bebas. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya