Ketahui Perbedaan Botoks dan Tanam Benang

Ilustrasi jarum suntik/ filler
Sumber :
  • Pixabay/jochenpippir

VIVA.co.id – Tampak cantik dan awet muda menjadi dambaan semua orang, khususnya kaum Hawa. Beberapa prosedur kecantikan yang sedang tren saat ini, yakni botoks dan tanam benang.

Wow, Gadis Jepang Ini Akui Dirinya Sudah Jalani Operasi Plastik Sejak SD

Namun dua prosedur kecantikan tersebut memiliki perbedaan, meski sama-sama berfungsi untuk membentuk kekencangan pada kulit wajah yang sudah kendur. Adapun, perbedaannya terletak pada cara mengikat kekencangan tersebut.

"Botoks itu untuk di otot saja. Jadi, dengan melakukan botoks, melumpuhkan otot di kulit wajah membuatnya menjadi kaku, makanya jadi terlihat kencang lagi," ujar spesialis kulit, dr. Nenden Lilis Setiasih, Sp.KK di kawasan Bintaro, Jakarta, Kamis, 15 September 2016.

Solusi Singkat Mancungkan Hidung Tanpa Operasi Plastik

Sementara tanam benang untuk menumbuhkan kolagen, sehingga terlihat lebih alami. Apalagi, kulit kendur membutuhkan kolagen baru. Oleh sebab itu, pada tanam benang dilakukan semi bedah, sehingga perawatannya lebih minim dibanding dengan botoks.

Kendati demikian, keduanya harus dilakukan oleh ahlinya dan tidak boleh sembarang orang. Sebab hal itu bisa berdampak pada kesehatan tubuh.

Bolehkah Remaja Melakukan Filler?

"Yang melakukan harus benar-benar tahu anatomi tubuh terutama wajah manusia. Apalagi, wajah itu kan banyak pembuluh darah dan saraf. Kalau salah melakukannya bisa mengeluarkan banyak darah," ujarnya.

Ivan Gunawan

Kena Mental Penampilannya Terus Dicibir Netizen, Ivan Gunawan Mau Make Over Wajah Lagi

Ivan Gunawan mencurahkan isi hatinya setelah selama ini membaca semua komentar netizen perihal penampilannya. Desainer terkenal itu mengaku cukup kesal dengan netizen.

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2024