Tips untuk Desainer Aksesori Muda Tanah Air

Aksesori karya desainer Rinaldy A.Yunardi.
Sumber :
  • Instagram.com/rinaldyayunardi_official

VIVA.co.id – Saat ini mulai banyak nama-nama desainer muda yang baru muncul ke permukaan, khususnya desainer aksesori. Namun, apa saja sebenarnya yang dibutuhkan para desainer baru tersebut untuk bisa bertahan lama di dunia desain Tanah Air ini?

25 Tahun Berkarya, Rinaldy Yunardi Luncurkan Brand Aksesori Alas Kaki

Pertama, memiliki daya juang yang tinggi dalam menekuni sebuah karya milik diri sendiri. Hal tersebut diakui oleh desainer aksesori ternama Tanah Air, Rinaldy A. Yunardi yang ditemui di Senayan City, Jakarta.

"Kadang desainer yang baru bermunculan itu hanya ikut-ikutan saja. Tapi enggak ada kekuatan bertahannya. Biarkan mereka berjuang," ucapnya, Selasa, 20 September 2016.

Desainer Muda Indonesia Menang di Ajang Penghargaan Internasional

Selain itu, ciri khas dengan sesuatu yang berbeda juga harus dimiliki untuk dapat mengambil panggung seni di hati masyarakat. Terlebih, sesuatu yang baru dari pandangan yang berbeda akan menjadi daya tarik tersendiri.

"Masyarakat cenderung mencari sesuatu yang baru dan berbeda. Kalau cuma copy-an dari desain sebelumnya, ya buat apa? Sesuatu yang beda biasanya timbul dari pandangan sendiri," ujar dia.

Limbah Fashion Bikin Khawatir, Desainer Coba Bahan Ramah Lingkungan

Ditambahkannya, ia berharap agar para desainer muda juga memiliki tanggung jawab pada hasil desainnya sehingga memiliki hasil yang memuaskan saat proses eksekusi berlangsung. Desainer yang akrab disapa Yungyung ini memberikan tips agar jangan takut untuk mencoba berkolaborasi seperti yang sering ia lakukan dengan pekerja seni lain.

"Sekarang sudah kolaborasi dengan interior. Nantinya akan ada kolaborasi dengan Ballerina Indonesia dan kolaborasi untuk cat. Intinya harus keluar sebagai dirinya sendiri karena aksesori bisa dikembangkan dengan banyak hal," kata dia.

Asia Young Designer Awards (AYDA)

Desainer Muda Asia Diajak untuk Ciptakan Desain yang Berdampak Sosial

AYDA melanjutkan misinya untuk memberdayakan dan mendorong para desainer muda menciptakan dampak positif melalui karya.

img_title
VIVA.co.id
21 Juni 2021