Menguak Kelebihan dan Kekurangan Bahan Talenan

Talenan kayu
Sumber :
  • http://www.djadoelpost.com

VIVA.co.id – Saat membeli peralatan dapur seperti talenan, pasti Anda diberikan banyak pilihan dan berbagai saran dari orang terdekat. Sisi kebersihan, ketahanan tentu menjadi aspek pertimbangan saat membeli barang tersebut. 

Suami Sandra Dewi Tersandung Korupsi Timah, Aiman Senang Kasusnya Disetop 

Umumnya, talenan yang beredar di pasaran terbuat dari tiga macam bahan, yakni bambu, kayu dan plastik. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun dari ketiga bahan tersebut manakah yang terbaik? Berikut ulasannya, yang dikutip dari laman The Kitchn:

Plastik
Banyak yang percaya bahwa talenan berbahan plastik adalah yang paling bersih. Tidak seperti bambu atau kayu, talenan ini aman untuk dicuci dengan deterjen.

Prediksi Serie A: Lazio vs Juventus

Namun,berdasarkan studi yang dilakukan oleh University of Michigan menunjukkan bahwa bakteri yang berkembang di talenan plastik lebih banyak ketimbang talenan yang terbuat dari bahan kayu. Bahkan disebutkan bahwa membasmi bakteri dari benda tersebut secara manual tidaklah mudah.

Bambu
Bambu tentu menjadi pilihan bagi mereka yang peduli terhadap lingkungan, Mereka akan memilih bahan ini ketimbang plastik. Bambu dianggap sebagai sumber daya yang dapat diperbaharui dan tidak butuh bahan kimia untuk mengambangkannya. 

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Bambu juga diketahui menyerap lebih sedikit air ketimbang talenan kayu. Oleh karena itu, tak sedikit pula yang menganggap bahwa talenan berbahan bambu lebih sehat ketimbang yang berbahan kayu.

Kayu
Kayu juga termasuk bahan yang sumbernya dapat diperbaharui meskipun tidak sebaik dan secepat bambu. Namun demikian, kebanyakan talenan bambu terbuat dari limbah kayu. Kayu dikenal sebagai bahan yang ramah terhadap pisau ketimbang plastik dan bambu sehingga pisau menjadi tidak cepat tumpul. 

Untuk merawat talenan kayu, pastikan Anda mengolesinya dengan mineral oil yang aman untuk makanan agar bekas makanan tidak menempel pada talenan.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya