Mengenal Sederet Manfaat Sehat Biji Wijen

Ilustrasi minyak wijen.
Sumber :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

VIVA.co.id – Biji wijen dianggap sebagai salah satu bahan alami yang baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh, memperbaiki masalah pencernaan, dan membantu menjaga kesehatan Anda.

Petugas TPS dan KPPS Harus Fit di Hari Pemilu, Begini Tips Jaga Kesehatan dari PB IDI

Sudah banyak diketahui kalau biji maupun minyak wijen dapat memberikan banyak manfaat sehat karena berbagai kandungan nutrisi di dalamnya termasuk vitamin, mineral, minyak alamiah, dan senyawa organik yang terdiri dari kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, mangan, tembaga, seng, serat, thiamin, vitamin B6, folat, protein, dan triptofan.

"Jangan makan dalam jumlah yang kurang, tapi tepat. Ada beberapa hal di sekitar kita yang dapat meningkatkan metabolisme kita. Hanya perlu mengenalinya," kata Direktur KNG Agro Foods Ssidarth Goel seperti dikutip laman Times of India.

Kiat Alexandra Asmasoebrata Jaga Stamina dan Melestarikan Pembalap Perempuan 

Wijen katanya adalah salah satunya. Ini adalah bahan yang dapat meningkatkan metabolisme yang baik, memberikan kita tenaga, dan menambahkan wijen ke dalam menu makanan akan membuat kesehatan kita lebih baik.

Biji wijen memiliki bahan kimia tumbuhan yang disebut Lignan yang dapat membantu pembakaran lemak dengan meningkatkan enzim liver yang memecah lemak. Wijen juga kaya akan protein dan asam lemak yang dapat meningkatkan metabolisme.

Si Kecil Dengan Segudang Fungsi, Ini 15 Manfaat Biji Wijen Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Selain itu, minyak wijen adalah pilihan tepat untuk memasak. Minyak wijen merupakan antioksidan yang dapat menjaga kolesterol baik. Kandungan serat dari biji wijen dapat melancarkan pencernaan dan membantu usus melawan bakteri jahat.

Wijen dapat menutrisi tubuh dengan banyak cara. Seperti memberikan kekuatan tubuh, pertumbuhan sel yang sehat, mobilitas, energi dan fungsi metabolis.

Selain manfaat di atas, biji wijen juga dapat mencegah diabetes, menurunkan tekanan darah, mencegah berbagai tipe kanker, memperkuat tulang, melindungi dari radiasi, meningkatkan kesehatan jantung, membantu mengurangi masalah tidur, memperkuat kesehatan mulut, meningkatkan sirkulasi, mendetoksifikasi tubuh, mengurangi depresi dan stres kronis.

Wijen juga merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. Wijen juga telah terbukti dapat mengurangi bekas luka bakar dan tanda di kulit, juga mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

Wijen

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya