Kunci Agar Matematika jadi Pelajaran Menyenangkan

Ilustrasi belajar.
Sumber :
  • Pixabay/ Geralt

VIVA.co.id –Meski dianggap sesuatu yang sulit, tidak bisa dimungkiri kalau matematika sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari manusia. Karenanya, matematika menjadi hal penting yang harus dikuasai.

Profil dan Karier Zion T Pacar Baru Chaeyoung TWICE

Matematika sebenarnya juga bisa dijadikan hal yang mudah dan menyenangkan. Seperti yang diungkapkan oleh Guru Besar Matematika Universitas Gadjah Mada Prof. Dr. rer. nat. Widodo, M.S saat acara Casio for Education di Senayan, Jakarta, Selasa, 4 Oktober, matematika itu untuk semua dan jika sulit dipikirkan atau tidak disukai, matematika bisa dikaitkan dengan konteks.

"Bisa dikaitkan dengan musik. Atau ketika Anda memetik, ada gerak insidal yang di dalam fisika itu dipelajari juga, ada frekuensi yang muncul," kata Widodo.

Profil Chaeyoung TWICE dari Karier hingga Pacaran dengan Zion.T

Atau, bisa juga dikaitkan dengan berbagai bidang pekerjaan. Misalnya, seseorang yang bekerja sebagai tukang bangunan bisa menggunakan matematika dalam teknik pengubinan. Seseorang yang bekerja dalam bidang listrik bisa mengaitkan dengan ilmu hukum ohm. Atau, seorang ekonom yang bisa mengaitkan dengan konteks present value, yaitu ketika dia membeli mobil sekarang seharga Rp100 juta, maka dalam beberapa tahun akan mengalami penurunan harga.

"Bahkan matematika bisa digunakan untuk mencari jodoh. Misalnya dia ingin mencari istri untuk menjadikan penghasilannya dua kali lipat. Dengan rumus tertentu maka bisa dicari kalau dia ternyata harus mendapatkan istri yang penghasilannya sekian juta," kata Widodo.

Pernah Bikin Hati Denny Sumargo Meleleh, Ini Rekam Jejak Pendidikan Sandra Dewi dan Olivia Allan

Widodo menambahkan, dalam mempelajari matematika memang diperlukan latihan yang terus-menerus.  “Matematika tidak akan mencintai kita kalau kita tidak mencintai matematika.”

Kalkulator

Edwin Bahari dan Anisa Bahar

Dulu Anak Asuh Kini Jadi Pacar, Ini Potret Brondong Edwin Bahari dan Anisa Bahar

Anisa Bahar membawa kabar heboh. Pasalnya, anak asuhnya bernama Edwin Bahari dikabarkan menjadi kekasih baru Anisa Bahar. Ini potret dan sosok Edwin Bahari.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2024