Sembilan Etika saat Berada di Kedai Kopi

Ilustrasi kedai kopi.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA.co.id – Kedai atau kafe kopi biasanya menjadi tempat untuk berkumpul atau sekadar tempat menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk ketika sedang bosan berada di rumah. Tapi, bisakah Anda mengingat-ingat kebiasaan Anda selama berada di kedai kopi? Apakah Anda sudah bersikap cukup baik pada sang barista? Atau apakah Anda datang ke kedai kopi untuk menikmati internet gratis dengan modal memesan satu cangkir kopi?

Game Ini Bikin Penasaran, Ada Menu Rahasia dan Munculnya Caesar

Tidak hanya di tempat kerja, rumah, dan keluarga, di tempat seperti kedai kopi pun Anda harus memiliki etika. Bagaimana sebaiknya Anda bersikap saat di kedai kopi? Berikut diantaranya, seperti dilansir laman The Kithcn.

Wajar untuk bertanya (dengan sopan)

Terpopuler: Ustaz Alfie Alfandy Ungkap Kebaikan Minum Kopi, Balenciaga Jual Gelang Lakban Rp51 Juta

Jangan malu bertanya jika ada menu yang tidak Anda mengerti. Dari sini Anda bisa tahu kedai kopi tersebut bagus atau tidak. Jawaban yang lengkap dari sang barista akan memberikan Anda pengertian yang jelas mengenai apa yang mereka sajikan untuk Anda. Jangan segan pula untuk menanyakan menu favorit para barista.

Singkirkan ponsel saat memesan

Ustaz Alfie Alfandy Ungkap Kebaikan Minum Kopi saat Ramadhan, Baiknya Diminum Buka atau Sahur?

Barista juga manusia dan mereka pantas mendapat perhatian saat Anda memesan sesuatu. Jangan hanya menunjuk menu dan cuek ketika mereka bertanya.

Maklumi jika menu yang dipesan tidak tersedia

Tidak perlu marah-marah atau membentak jika menu yang Anda inginkan tidak ada. Anda bisa mengunjungi kedai kopi lain bila perlu. Jangan pernah berpikir semua kedai kopi selalu memiliki stok minuman yang Anda inginkan.

Hargai barista

Barista memang bertugas menyajikan kopi dan bahkan membersihkan sisa makanan di meja Anda. Sama seperti Anda, mereka bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan biasanya mereka yang bekerja sebagai barista memang sangat serius dengan pekerjaannya. Hargai pula kopi atau menu lain yang mereka sajikan untuk Anda. Jika Anda butuh gula atau krim, silakan memintanya pada barista dengan sopan.

Ilustrasi kopi instan

Beri tip

Sesekali berilah tip pada barista. Biasanya kotak tip tersedia di kasir. Tidak perlu banyak, seikhlasnya saja.

Jangan seenaknya

Rata-rata kedai kopi memang menyediakan fasilitas Wi-Fi untuk para pelanggan. Namun, bukan berarti Anda bisa duduk berjam-jam dengan hanya memesan satu cangkir kopi dan menggunakan internet gratis sepuasnya. Bijaklah dengan apa yang Anda lakukan di kedai kopi. Mungkin setelah berjam-jam bercanda ria dengan teman atau mengerjakan tugas, Anda bisa memesan kopi atau camilan ringan, atau tinggalkan kedai tersebut dan cari kedai kopi lain.

Jangan berantakan

Mereka yang bekerja di kedai kopi atau restoran sekalipun punya pekerjaan lebih penting ketimbang membersihkan remah-remah makanan Anda. Bertanggung jawablah terhadap apa yang Anda pesan. Tidak ada susahnya untuk membersihkan noda atau remah makanan Anda dengan tisu, bukan?

Ilustrasi mesin kopi

Hargai orang sekitar

Jika Anda menerima telepon, sebaiknya lakukan di luar, kecuali Anda bisa mengecilkan suara Anda dan tidak menganggu ketenangan orang lain. Jika orang lain melakukan ini, Anda pasti jengkel, bukan?

Sesekali berbuat kebaikan

Sesekali traktirlah orang lain atau beri tip yang lebih besar dari yang biasa Anda beri. Cukup lakukan kebaikan kecil, seperti bersikap ramah pada mereka yang bekerja di kedai kopi tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya