Apresiasi Pekerja Seni Tanah Air dalam 'I am Indonesian'

Pameran I am Indonesian
Sumber :
  • VIVA.co.id/Putri Firdaus

VIVA.co.id – Sebanyak 100 pekerja seni berapresiasi dalam sebuah pameran seni bertajuk ‘I am Indonesian’. Pameran foto yang berlangsung mulai 10-23 Oktober 2016 di Ground Floor dan lantai 3 East Mall Grand Indonesia, Jakarta Pusat ini, memajang potret 100 pekerja seni, untuk menunjukkan berbagai sisi berbeda dari setiap pekerja seni Tanah Air.

Datang ke Indonesia, Seniman Asal Korsel Park Jihyun Perkenalkan Seni Dari Produk Interior

Oscar Lawalata salah satu perancang busana yang turut andil menggagas pameran ini mengaku ide ini terinspirasi dari kekayaan budaya Indonesia yang ia lihat dalam setiap proses kreatif busana miliknya. Ia berharap acara ini mampu menambah kebanggaan masyarakat Indonesia akan kekayaan itu terutama di era globalisasi saat ini.

Pameran I am Indonesian

Pameran PUSPA HATI: Upaya Dorong Apresiasi Seni Rupa Indonesia

“I am Indonesian adalah satu term yang menunjukkan kita bangga. Bahasa Inggris digunakan untuk menunjukkan pada dunia internasional kita adalah Indonesia dan menunjukkan apa yang sudah kita lakukan dalam profesi kita," ujar Oscar saat jumpa pers peresmian pameran ini di Grand Indonesia Mall, Senin, 10 Oktober 2016.

Pelaksanan pameran ini dilakukan dengan kerjasama dengan Galeri Indonesia Kaya (GIK) yang kerap menjadi wadah kegiatan seperti kesenian. GIK dalam hal ini sekaligus tengah merayakan hari jadi yang ke tiga kali sejak didirikan tahun 2013.

Indah Banget, Lukisan Homage to Basoeki Abdullah Mejeng di ArtMoments Jakarta 2023

Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation pada kesempatan yang sama juga mengungkapkan pameran ini sebagai bentuk apresiasi pada pekerja seni Indonesia.

"Di tahun ketiga ini kami menggelar pameran foto 'I am Indonesian' sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih pada pekerja seni Indonesia yang turut memajukan dan mendekatkan kembali seni pertunjukkan budaya di hati masyarakat Indonesia," ujarnya.

Dalam pameran ini, pekerja seni yang terlibat pun berasal dari lintas generasi dan genre mulai dari pemain film, budayawan, pemain teater, musisi, fotografer hingga sastrawan pun masuk di dalamnya. Sebut saja Addie MS, Sapardi Djoko Damono, Ratna Sarumpaet, Sujiwo Tedjo, Titiek Puspa, Yovie Widianto, Didik Nini Thowok, Julie Estelle, Reza Rahadian, Garin Nugroho, Rio Motret, Chelsea Islan, Sudjiwo Tedjo, Arifin Putra, Reza Rahadian, Trio Lestari, Sundari Soekotjo dan puluhan pekerja seni lain.dan masih banyak lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya