Studi: Membersihkan Rumah Dapat Membuat Wanita Panjang Umur

Ilustrasi membersihkan rumah
Sumber :
  • Pixabay/ klimkin

VIVA.co.id – Pekerjaan rumah tangga mulai dari membereskan rumah hingga mencuci pakaian seringkali menjadi perdebatan panjang siapa yang harus mengerjakannya. Namun siapa sangka, jika mengerjakan pekerjaan rumah mampu memperpanjang usia seseorang wanita.

Tega, Tentara Israel Suruh Keluarga Palestina Tinggalkan Ibunya yang Berusia 94 Tahun

Para peneliti dari University Medical Centre Rotterdam menemukan bahwa pekerjaan rumah dapat menambah tiga tahu usia hidup seorang wanita.

Dikutip The Sun, tim peneliti tersebut memperhatikan masa hidup dan menyimpulkan bahwa wanita berusia 55 tahun yang jarang melakukan pekerjaan rumah akan hidup hingga usia 83 tahun.

Penjual Kopi Temukan Jasad Wanita Tanpa Kepala di Tangerang

Namun, jika wanita itu banyak menghabiskan waktunya membersihkan rumah, mengelap perabotan, dan secara general membuat rumahnya terlihat lebih bersih, dia akan bisa hidup hingga usia 86 tahun.

Tapi anehnya, ini tidak berlaku pada pria. Pria yang membersihkan wastafel hanya akan mendapat tambahan usia 12 bulan saja.

Viral Seorang Wanita Terapkan Hidup Hemat Ekstrem: Bisa Menabung Rp1,1 Miliar

Meski begitu, ini bukanlah sebuah penelitian yang kecil. Penelitian ini mengambil data dari 7.000 orang yang ditanyai mengenai kebiasaan setiap hari mereka selama beberapa dekade.

Hasil penelitian ini juga menemukan bahwa berkebun akan menambah masa hidup pria sampai 2,7 tahun. Namun, para peneliti tidak begitu yakin kenapa ada perbedaan seperti itu di antara pria dan wanita.

"Sebagian alasannya mungkin karena pria lebih banyak melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan berkebun, sedangkan wanita lebih banyak dengan pekerjaan dalam rumah," kara pemimpin tim peneliti Dr Klodian Dhana.

Sudah terbukti juga bila wanita memang cenderung mengerjakan banyak pekerjaan di rumah dibanding pria. Pada September lalu, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa meskipun wanita lebih sedikit mengerjakan pekerjaan rumah, mereka tetap mengerjakan 74 menit lebih lama daripada pria setiap hari.

Ilustrasi membersihkan rumah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya