Carmanita Ciptakan Pewarna Batik dari Limbah Pasar

Carmanita
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Batik merupakan salah satu jenis wastra Nusantara yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Kehadiran batik kini telah menjadi pasar besar bagi pengrajin dan desainer.

Rayakan Hari Batik Nasional, YBI Punya Misi Jadikan Batik Sebagai Identitas Generasi Gen Z

Dari peluang tersebut mereka memanfaatkan banyak inovasi terbaru guna memberi daya tarik tersendiri. Hal ini pula yang melatarbelakangi desainer Carmanita. Belum lama ini, wanita kelahiran tahun 1956 tersebut melakukan terobosan dengan membuat pewarnaan batik dari sisa limbah pasar.

"Saya pernah membuat pewarnaan batik dari sisa limbah pasar dan itu kerja sama dengan Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Jerman. Sekitar 6 juta euro mereka menyiapkan dana untuk IKM (Industri Kecil dan Menengah) Indonesia membuat batik," ujar Carmanita kepada VIVA.co.id, saat ditemui pada acara Kenal Lebih Dekat Dengan Carmanita di Alun-Alun Indonesia, Jakarta Pusat, Senin, 14 November 2016.

Batik Moderen Motif Kembang Jadi Tren Kekinian Anak Muda

Dia menambahkan, inovasi tersebut merupakan binaan dari Jerman. Itu karena Jerman sudah tidak lagi mengeluarkan pewarna tekstil berbahan kimia yang dianggap dapat menyebabkan pemanasan global.

"Perlu diketahui, Jerman sendiri sudah tidak mengeluarkan pewarna teksil berbahan kimia karena menyebabkan global warming. Jadi, selama ini kita dapat pewarnaan tekstil dari China dan India yang bahannya kimia," katanya.

Gaya Busana Dikritik, Intip 5 Padu Padan Kemeja Batik Atta Halilintar

Sementara limbah-limbah pasar yang  digunakan untuk pewarna alami, seperti sisa sayur dan buah yang telah busuk. Selanjutnya, limbah-limbah tersebut diolah menjadi pewarna batik. 

 

Carmanita. Photo by @lightworks_jakarta #carmanita #ipmitrendshow2017

A photo posted by Advina Ratnaningsih (@advinadvina) on

Ilustrasi pakaian batik.

Hari Batik Nasional: Mengenal Sejarah dan Makna Batik

Hari Batik Nasional adalah momen penting yang merayakan kekayaan budaya Indonesia dalam bentuk kain tradisional yang indah dan disebut sebagai "batik", ini sejarahnya.

img_title
VIVA.co.id
2 Oktober 2023