Langkah Tepat Bersihkan Wajah Demi Hasil Sempurna

Ilustrasi kecantikan/wanita.
Sumber :
  • Pixabay/Laleyla

VIVA.co.id – Kebersihan wajah menjadi hal utama dalam perawatan wajah agar terbebas dari masalah. Dalam membersihkan wajah pun harus mengikuti langkah-langkah yang tepat agar hasil yang didapat benar-benar sempurna.

Jangan Musuhi Minyak di Kulit, Trik Tepat Ini Jaga Wajah Glowing Cegah Jerawat

Seringkali membersihkan wajah dilakukan dengan seadanya karena sudah lelah beraktivitas seharian. Akibatnya, masalah kulit seperti jerawat kerap datang.

Product Training Manager PT Natural Nutrindo, Nurhayatini memaparkan sejumlah tips membersihkan wajah yang baik. Pertama, ketika akan membersihkan wajah, pastikan tidak ada rambut yang terjuntai ke wajah.

7 Cara Membersihkan Wajah dengan Baik dan Benar yang Dianjurkan

"Kuncir atau jepit rambut, kemudian pakai headband. Ini yang penting dilakukan karena kalau tidak menggunakan headband, bersihnya tidak sempurna," kata Nurhayatini saat acara peluncuran Corine de Farme Micellar Facial Foam di Pacific Place, Jakarta, Rabu, 23 November 2016.

Rambut yang terurai ke wajah akan membuat kotoran yang ada di rambut menempel ke wajah. Inilah yang banyak menyebabkan wajah berjerawat.

Tips Bersihkan Wajah yang Benar Versi Dokter dan MUA Bubah Alfian

Selain itu, selalu bersihkan tangan sebelum mengaplikasikan pembersih wajah. Karena nantinya, pembersih wajah bukan untuk membersihkan wajah tapi membersihkan tangan.

"Basuh wajah dengan air, lalu letakkan busa pembersih di lima titik wajah, yaitu dahi, dua pipi, hidung, dagu, dan yang sering terlupakan adalah bagian leher," ujar Nurhayatini.

Setelah itu, pijat lembut wajah dengan gerakan ke arah atas. Gerakan memijat harus melawan gravitasi agar kulit tidak kendur ke bawah. Barulah bilas wajah dengan air sampai bersih dari busa dan keringkan dengan tisu wajah.

Bagi wanita aktif, dia menyarankan memprioritaskan untuk membersihkan wajah sebanyak dua kali sehari pada pagi sebelum beraktivitas dan malam sebelum tidur. Selain itu, perhatikan juga kenyamanan dalam mengenakan sebuah produk pembersih wajah.

"Walaupun mandi hanya sekali sehari, tapi membersihkan wajah tetap harus dua kali," kata dia mengingatkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya