Rio Dewanto Dukung Korban Konflik Agraria di Sumatera Utara

Aktor Rio Dewanto dukung penyelesaian konflik agraria
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

VIVA.co.id – Belum lama ini, terjadi konflik agraria di pemukiman petani di Desa Mekar Jaya, Wampu, Langkat, Sumatera Utara. Para petani yang mencoba melindungi tanah mereka yang digusur, menjadi korban karena mengalami kekerasan fisik.

Kata Kuasa Hukum Soal Sengketa Tanah, Ayah Atta Halilintar Sudah Tunjukkan Itikad Baik

Ternyata, konflik ini menggugah nurani aktor Rio Dewanto, untuk terjun langsung melihat para korban.

"Saya melihat, ada ketidakadilan dan hak yang dirampas dari petani. Hati saya terpanggil untuk mengawal dan mencoba mempelajari kasus ini. Saya ajak praktisi hukum, agar Indonesia lebih kondusif dan petani Indonesia lebih makmur," ujarnya, saat jumpa pers di Filosofi Kopi, Melawai, Jakarta Selatan, Selasa 29 November 2016.

Ayah Atta Halilintar, Anofial Asmid Dituding Tersandung Sengketa Tanah

Dia berjanji akan mengawal dan mendukung kampanye konflik agraria ini hingga selesai. Bahkan, berharap untuk dapat langsung ke lokasi.

"Jika diizinkan dan diperlukan, saya bersedia turun ke Mekar Jaya dan mendukung langsung perjuangan petani di sana," ungkap suami Atiqah Hasiholan ini.

Rocky Gerung Soal Konflik Agraria: Negara Tidak Berhak Memiliki Tanah

Rio peduli dengan persoalan ini, karena menganggap petani memiliki peran penting di Tanah Air. Terutama, dalam menjamin ketersediaan pangan.

"Kalau enggak ada petani, enggak akan nih kita bisa menikmati kopi yang diolah," ujar bintang film Bulan di Atas Kuburan itu.

Dia berencana akan berangkat ke sana pertengahan Desember mendatang. "Dia (Atiqah) ikut support saya, tetapi mungkin secara waktu dan kegiatan dia yang enggak memungkinkan (ikut)," jelas Rio. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya