Kenali Jenis dan Penanganan Kulit Terbakar pada Anak

Ilustrasi tak tepat mengobati luka.
Sumber :
  • Pixabay/ Meditations

VIVA.co.id – Kulit anak-anak, masih termasuk kulit yang sensitif terhadap sesuatu yang panas. Sehingga, para orangtua sebaiknya mengetahui beberapa tipe kulit terbakar beserta penanganannya.

Yang Harus Dilakukan Orang Tua Saat Anak Mulai Sakit, Dokter: Jangan Diajak ke Mall!

Di Amerika Utara, kulit terbakar dideskripsikan dalam tiga tahap yaitu derajat pertama, derajat kedua dan derajat ketiga.

Pada derajat pertama, berdampak pada bagian kulit paling luar yaitu epidermis. Biasanya cenderung berwarna merah, namun saat disentuh berwarna putih dan setelahnya kembali merah.

Moana Sakit, Ria Ricis dan Teuku Ryan Kompak Menjaga

Dikutip dari Todaysparent, penanganan pertama yaitu jauhkan sumber panas secepat mungkin. Dinginkan area tersebut dengan kompres air dingin selama 20 menit.

Untuk ringankan rasa sakit, pada anak usia enam bulan atau lebih, berikan asetaminofen atau ibuprofen dalam waktu 24-48 jam pertama. Jika rasa sakit tidak mereda dalam waktu 2-3 hari, segera periksa ke dokter.

Inara Rusli Nangis, Kecewa Virgoun Tak Bawa Kedua Anaknya yang Sakit ke RS

Pada derajat kedua terbagi dua yaitu bagian lapisan atas dan dalam. Pada bagian lapisan atas, biasanya berwarna merah dan sangat sakit. Pada lapisan dalam, biasanya tidak terdapat rasa sakit karena telah merusak saraf dan akan terlihat berwarna keputihan pada kulit.

Derajat ketiga merupakan yang paling serius. Ia dapat merusak lapisan kulit epidermis dan dermis dan berdampak pada saraf, pembuluh darah dan folikel rambut.

Untuk derajat kedua dan ketiga, disarankan segera memeriksakannya pada dokter terdekat karena sudah termasuk bagian emergensi. Tapi, selagi dalam perjalanan menuju rumah sakit, bisa membungkus bagian tersebut dengan sesuatu yang dingin dan bersih.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya