Hati-hati, Jangan Simpan Lima Makanan Ini di Kulkas

Ilustrasi bawang bombai dan sayur.
Sumber :
  • Pixabay/Webvilla

VIVA.co.id – Memasukkan berbagai bahan makanan ke dalam kulkas mungkin sudah menjadi kebiasaan yang lazim dilakukan oleh hampir semua orang. Umumnya, cara itu dilakukan dengan tujuan menjaga makanan tetap segar dan tahan lama.

Mendag Zulhas Sebut Kenaikan Harga Bawang Merah Akibat Banyak Pedagang Belum Mulai Berjualan

Namun, hal itu tidak berlaku bagi semua makanan. Berikut di antaranya dilansir laman Reader's Digest.

Semangka
Mengapa? Kulkas dapat menurunkan kadar antioksidan semangka hingga setengahnya. Sebuah penelitian dari USDA menunjukkan bahwa semangka dalam suhu ruang memiliki beta-karoten dua kali lebih banyak.

Daftar Harga Pangan 26 Maret 2024: Bawang, Daging Sapi, hingga Telur Ayam Naik

Kemangi
Jika disimpan dalam suhu di bawah 40 derajat fahrenheit, daun kemangi akan berubah menjadi gelap. Simpan dalam tempat yang terapapar cahaya layaknya Anda menyimpan bunga. Simpan kemangi dalam sebuah wadah berisi air dengan bagian akar di bawah.

Kentang
Suhu dingin akan membuat pati kentang menjadi gula. Hasilnya, Anda akan mendapat tekstur yang lembek dengan rasa yang cenderung manis. Kentang sebaiknya disimpan dalam suhu 45 derajat fahrenheit.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Simpan kentang dalam kantong kertas di tempat yang sejuk. Hindari pula kentang dari paparan sinar amtahari langsung karena akan membuat klorofil kentang terakumulasi dan membuatnya menjadi hijau dan pahit.

Bawang
Umbi-umbian ini membutuhkan air untuk tetap segar. Simpan bawang utuh dalam kertas pembungkus yang sudah dibolongi. Jangan simpan bawang di dekat kentang karena bawang mengeluarkan gas dan kelembapan yang dapat menyebabkan kentang menjadi cepat busuk. Jika ingin menyimpan dalam kulkas, iris-iris bawang terlebih dahulu.

Tomat

Buah tomat.
Udara sejuk akan menjaga tomat dari senyawa kimia berbahaya dan menjaga tomat tetap segar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya