Masalah Klasik yang Paling Sering Dihadapi Desainer

Ivan Gunawan.
Sumber :
  • Instagram.com/ivan_gunawan

VIVA.co.id – Menjadi seorang perancang busana atau desainer menjadi impian orang yang memiliki bakat di bidangnya. Namun untuk mencapainya, butuh usaha dan kerja keras.

Desainer Muda Asia Diajak untuk Ciptakan Desain yang Berdampak Sosial

Desainer kenamaan Ivan Gunawan mengatakan, Indonesia banyak memiliki desainer muda berkualitas. Namun sangat disayangkan bahwa mereka memiliki keterbatasan dalam modal.

Ini merupakan kendala klasik paling sering dihadapi para desainer. Sebab, tidak semua desainer memiliki modal memulai usahanya.

Desainer Muda Indonesia Menang di Ajang Penghargaan Internasional

"Sebenarnya segala sesuatu jika kita punya modal, jadinya lebih mudah. Namun perlu diingat, tidak semua desainer datang dari kalangan berada tapi mereka memiliki kualitas dengan modal terbatas," ujar pria dengan panggilan Igun itu kepada VIVA.co.id, Selasa, 13 Desember 2016.

Untuk itu , dia menyarankan, jika para desainer menghadapi hal demikian, sebaiknya perhatikan managemen secara keseluruhan, terutama dalam memasarkan koleksinya. "Pahami terlebih dahulu target market yang dituju biar hasil memuaskan," ucapnya.

Limbah Fashion Bikin Khawatir, Desainer Coba Bahan Ramah Lingkungan

Mengenai profesinya sebagai desainer, Igun mengaku bangga, karena karya-karyanya banyak dikenal dan dipakai sejumlah kalangan. Dia mengaku bersyukur dengan capaiannya selama ini.

"Buat aku setiap hari kita harus semakin bangga dan bangga sama apa yang kita buat. Sebab kalau kita tidak percaya diri dan enggak bangga sama karya kita sendiri, siapa lagi yang mau menghargai karya kita?" ucapnya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya