Tips Kreasikan Kain Etnik Jadi Bawahan Kebaya yang Cantik

Ilustrasi kebaya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Riska Herliafifah

VIVA.co.id – Saat ini banyak wanita modern yang suka memakai pakaian dengan sentuhan tradisional, seperti kebaya. Namun memakai kebaya akan kurang menarik jika tak mengetahui padu padan yang tepat.

Puncak Hari Film Nasional, Motor Dilan Hingga Kostum Pemain Mejeng di Sarinah

Bagi Anda yang ingin tampil sempurna dengan busana tradisional, dapat mengenakan kebaya dipadu dengan kain batik, songket atau kain etnik lainnya. Beberapa orang biasanya lebih senang langsung menjahitnya dalam bentuk rok atau bawahan, namun Anda bisa mengkreasikannya dengan cara dililit.

Desainer Indri Budiman mengatakan bahwa selembar kain yang telah disiapkan bisa menjadi indah tanpa harus dipotong dan dijahit. Anda hanya tinggal mengaitkannya ke bagian depan dan belakang, seperti halnya memakai kain biasa.

Tips Padu Padan, Outfit Lebaran dan Bukber Ala Dian Pelangi Pakai Songket

"Selain dijahit, Anda bisa tampil sempurna dengan melilitkan kain tradisional. Caranya, dengan mengaitkannya pada bagian depan dan belakang dan jadilah rok," ujar Indri kepada VIVA.co.id, Jumat, 16 Desember 2016.

Dia menambahkan, kain tersebut juga bisa dikreasikan dengan cara dipelintir. Kemudian disematkan dengan ujung kain yang satunya dan jadilah bawahan bergaya elegan dan minimalis.

Warga Malaysia Demam Baju Lebaran Indonesia: Cantik, Unik dan Murah!

Untuk Anda yang bertubuh kurus, namun ingin terlihat berisi, bisa kreasikan kain dengan cara layering. Pilihlah kain yang ringan dan lemas agar hasil layering maksimal dan natural.

"Untuk yang bertubuh kurus bisa coba kain tradisional yang berbahan ringan dan lemas. Itu bisa membuat Anda lebih bervolume," kata dia.

Tidak hanya jadi rok, kain tradisional juga bisa dikreasikan menjadi semi celana. Caranya, Anda dapat mengikat bagian ujung kain dan ikat pada pinggang bagian belakang. Kemudian sisanya tarik ke belakang dan ikat pada bagian perut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya