Pesona Tenun NTT Makin Diminati

Tenun NTT
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane

VIVA.co.id – Kekayaan wastra Nusantara dari Indonesia sangat beragam. Dan hal tersebut dapat meningkatkan identitas dan kebanggan bangsa.

Dipamerkan di NYFW, Koleksi Mamuli Sumba Dipersembahkan untuk Para Penenun Wanita

Kendati demikian, wastra Nusantara yang paling dikenal adalah batik, padahal banyak jenis wastra lain yang tak kalah cantiknya. Beberapa wastra Nusantara, di antaranya batik, songket, kain ikat, kain sulaman, manik-manik dan kain tenun.

Soal tenun, beberapa daerah memiliki ragam tenun dengan keindahannya masing-masing. Namun, salah satu tenun yang makin diminati adalah Tenun Nusa Tenggara Timur (NTT).

Amanda Eyklima Perkenalkan Kain Tenun Suku Baduy di Mongolia

NTT begitu terkenal dengan kain tenun ikatnya. Corak yang beragam dan perpaduan warna yang kaya menjadi alasan tepat untuk menjadikan warisan budaya ini populer.

"Sebagai pengusaha fesyen dan desainer, saat ini tidak hanya batik saja tapi saya melihat tenun NTT juga semakin diminati. Tenun itu memiliki keindahan dari motif dan warnanya yang khas," ujar Dinie L Andri selaku desainer dan pemilik label Katumbiri kepada VIVA.co.id di Jakarta Selatan, Senin, 19 Desember 2016.

Mantap, Sarung Tenun Samarinda Dibeli Hj Iriana Jokowi dan Hj Wury Ma'ruf Amin

Dia menambahkan bahwa tenun NTT sangat mudah dipadupadankan dengan berbagai bahan lainnya. Untuk itu, tidak jarang beberapa desainer senang mengeksplor tenun NTT dan diterima dengan baik oleh masyarakat.

“Tenun NTT sangat mudah untuk dipadupadankan dengan berbagai bahan lainnya, dilihat dari teksturnya yang lembut dan keindahan motif dan warna. Untuk itu, geliat atau upaya desainer untuk tenun sebagai identitas bangsa semakin ditunjukkan oleh beragam koleksinya," tutur dia.

 

Tenun sumba timur dan tenun TTS NTT #repost ???????????????? tengkiuu mas @ivan_gunawan sudan memakai tenun dari NTT

A photo posted by LeViCo butik tenun ntt (@levicobutik) on

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya