Once Ajak Masyarakat Bersatu Lewat Lagu 'Satu Indonesiaku'

Mantan vokalis Dewa 19, Once.
Sumber :
  • Winda Yanti

VIVA.co.id – Proyek kolaborasi gagasan Tantowi Yahya bertajuk "Satu Indonesiaku" melibatkan 39 musisi untuk bergabung. Once Mekel merupakan salah satu di antara puluhan seniman yang lain.

Once Ingin Reuni Dewa, Tapi Ada Syaratnya

Mantan vokalis Dewa tersebut memiliki alasan tersendiri atas keterlibatannya dalam proyek ini. Selain memang berprofesi sebagai penyanyi, ia pun merasa terdorong karena suatu hal.

"Karena kami pada dasarnya penyanyi dan seniman, itu tidak sulit dilakukan. Apalagi ketika kita punya satu dorongan dan konsen yang sama, serta kewajiban moral untuk ikut dalam program ini," tutur Once di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, pada Selasa, 20 Desember 2016.

Padi Reuni, Begini Komentar Once Eks Dewa 19

Once menilai bahwa saat ini banyak masyarakat Indonesia yang lupa akan komitmen negeri yakni menjunjung tinggi asas persatuan. Padahal, menurutnya, tanah air diisi oleh beragam perbedaan yang ada.

"Bangsa ini terdiri dari berbagai suku, agama, ras, itu sebagai sesuatu kekuatan. Saya lihat banyak yang lupa akan komitmen itu," ujar ayah dari Manuel Mekel tersebut.

Once Siap Rilis Album Baru

Tak ayal, lewat komposisi lagu "Satu Indonesiaku" tersebut, Once ingin agar masyarakat mampu tersentuh dan tergugah hatinya untuk saling bersatu dan menghindari konflik. Di mata dirinya, musik memiliki kekuatan yang kuat dalam memupuskan prahara.

"Lagu memiliki punya kekuatan, dia masuk ke hati dan perasaan dan mempengaruhi tindak tanduk seseorang. Lagu tidak hanya masuk rasional, tapi juga emosional," kata Once.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya