Kisah Produser Dunia yang Kini Jadi Bos Musik KFC Indonesia

Steve Lillywhite
Sumber :
  • twitter.com/Sillywhite

VIVA.co.id – Tren penjualan album fisik melalui gerai-gerai ayam cepat saji di Indonesia memang jadi salah satu strategi pemasaran dan penjualan musik beberapa tahun belakangan. Tahukah kamu, siapa sosok di balik bisnis musik di gerai ayam KFC? Dialah Steve Lillywhite, produser kenamaan dunia yang sudah memenangkan enam penghargaan Grammy dan memproduseri musisi sekelas U2, The Killers, dan juga The Rolling Stones.

3 Tahun Lalu Kerja Sampingan di KFC, Sekarang Jadi Pemain Serie A

Steve Lillywhite merupakan bos dari perusahaan rekaman Jagonya Music & Sport Indonesia yang menjual CD rekaman para artis bersamaan dengan paket pembelian ayam KFC. Perjalanan karier Lillywhite di Jakarta ini dimulai sejak enam tahun lalu. Saat jadi pembicara di sebuah festival musik di Singapura, Lillywhite bertemu dengan orang-orang yang mengundangnya untuk memproduksi musik Noah. 

"Aku langsung jatuh cinta dengan negara itu," kata Lillywhite kepada NY Times.

HIVI! Cerita 13 Tahun Perjalanan Berkarier di Industri Musik

Tak hanya karena makanannya saja, pria 62 tahun itu juga menyukai bagaimana orang Indonesia memandang musik sebagai sebuah pengalaman. Awalnya ia hanya berencana tinggal satu tahun saja, tak ada rencana lain, namun rupanya semua berjalan lebih dari apa yang dibayangkannya.

Steve pindah ke Jakarta pada 2014 dan sudah memproduksi album untuk Iwan Fals yang ia deskripsikan sebagai campuran Springsteen dan Dylan. Pada tahun 2016, ia berkenalan dengan Ricardo Gelael, Presiden Direktur PT Fast Food Indonesia yang punya 579 outlet KFC di Indonesia. Dari situlah, pekerjaan baru untuk Steve di Indonesia dimulai.

Erik Sondhy Kembali ke Industri Musik, Libatkan Penyanyi Jogja

Dari laporan yang dirilis Recording Industry Association of America, di tahun 2016, 99,4 juta disc terjual di Amerika Serikat dan jadi yang terendah sejak tahun 1986. Namun di Indonesia, menurut Lillywhite, perusahaannya berhasil menjual 500 ribu CD per bulan dengan menu-menu di gerai ayam tersebut.

Lillywihite berpendapat, penjualan album fisik di Indonesia masih sangat potensial. Kesuksesannya itu pun membuatnya ingin memperluas artis-artis yang bergabung dengannya. Ia sedang mempertimbangkan adanya album duet artis Indonesia dengan artis Barat, serta merambah ke dunia streaming dan aplikasi di smartphone.

Di tengah kesibukannya di Tanah Air, Lillywihite masih melakukan bisnisnya dengan artis-artis di negaranya. Ketika ditanya bagaimana pendapat U2 tentang pekerjaannya di Indonesia, pria Inggris itu menjawab, "Bono (vokalis U2) sangat terobsesi dengan ini. Ia selalu bilang pada orang-orang, 'Kalian tahu apa yang Lillywhite lakukan? Dia bekerja untuk KFC!'" katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya