Rekomendasi 3 Film Mendidik untuk Anak Perempuan

Film Disney Moana (kiri).
Sumber :
  • disneyanimation.com

VIVA.co.id – Jika Anda memiliki anak perempuan, kecenderungannya adalah mereka akan memimpikan jadi putri cantik seperti Cinderella dan berharap pangeran tampan akan datang menjemput mereka suatu hari nanti.

Jangan Terpengaruh 'Winter is Coming'

Tapi, tidak semua hal tentu sejalan dengan keinginan mereka. Yang perlu Anda lakukan adalah memberikan mereka panutan yang lebih baik seperti gadis pemberani yang tegas memilih jalan hidup mereka sendiri dan pandai memperjuangkan hak mereka.

Semua itu bisa ambil dari beberapa film anak berikut seperti dilansir laman Times of India.

Mengawali 2023, Dua Perusahaan Ini Ekspor Produk Perikanan Maluku ke Amerika dan Jepang

Moana
Tidak seperti kebanyakan film animasi yang kita kenal, Moana tidak memiliki cerita percintaan yang mana bisa menjadi angin segar dalam cerita animasi anak. Hal lain yang bagus dari cerita Moana adalah ia tidak pernah diperlakukan berbeda sebagai anak perempuan. Tidak ada bias gender sama sekali dalam film ini. Dan, dalam satu adegan film, sahabat Moana, tokoh setengah dewa Maui pernah berkata bahwa dia bukan hanya pahlawan bagi para laki-laki tapi pahlawan bagi semua orang.

Brave
Karakter putri dalam film-film Disney selalu digambarkan memiliki ibu jahat yang membuat mereka menderita. Tapi, film Brave mengubah stereotipe itu. Wanita yang membuat kehidupan tokoh protagonis dalam film ini bukanlah ibu tirinya, tapi ibu kandungnya. Karakter dalam film Brave adalah pejuang wanita, Merida. Ibunya ingin mencarikan pasangan untuk Merida tapi Merida justru ingin hidup bebas dan mandiri. Film ini membangun karakter perempuan yang kuat di mana merekalah yang mempunyai kuasa adalah takdir hidup mereka.

Scientists Found 48,500 Years-Old Zombie Virus Buried in Ice

Frozen

Frozen
Film ini memang memiliki cerita cinta, tapi bukan cerita putri dan pangeran pada umumnya, melainkan dari saudara perempuan karakter di dalamnya. Film ini menggambarkan kekuatan cinta dari saudara perempuan. Tidak ada karakter jahat atau ibu tiri yang kejam yang harus tokoh utama dalam film ini lawan, melainkan ketakutan dalam diri mereka sendiri.

Frozen 2.

Disney Umumkan Akan Segera Garap Film Frozen 3 dan Toy Story 5

CEO Disney, Bob Iger pada hari Rabu, mengumumkan bahwa sekuel film Disney, seperti Frozen, Toy Story, dan Zootopia akan segera hadir, namun rincian lebih lanjut belum ada

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2023