Istimewanya Nani Wijaya Menikah di Masjid Agung Cirebon

Nani WIjaya Menikah
Sumber :
  • Viva.co.id/Azizi Ervan

VIVA.co.id – Pasangan aktris senior Nani Wijaya dan budayawan Ajip Rosidi hari ini resmi menikah. Pasangan yang sudah memasuki masa senja ini menikah di masjid Agung Sang Cipta Rasa, Keraton Kasepuhan Cirebon, Minggu, 16 April 2017.

Nani Wijaya Tetap Sehat dan Segar di Usia 76 Tahun, Kuncinya Olahraga

Berbeda dengan calon pengantin lainnya, pasangan Nani dan Ajip menikah di bangunan utama masjid Agung Sang Cipta Rasa Keraton Kasepuhan.

"Masjid agung ini memang biasa digunakan oleh pasangan yang ingin menikah," kata Ahmad Jazuli, salah satu panitia pernikahan.

Sastrawan Ajip Rosidi Meninggal Dunia

Ia menambahkan, istimewanya akad nikah Nani dan Ajip ini dilakukan di bangunan utama masjid tersebut. Sedangkan pasangan pengantin pada umumnya dinikahkan di bangunan tambahan yang juga disebut dengan teras masjid.

Dijelaskan Jazuli, yang merupakan staf dari Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadingrat, hanya keluarga keraton atau orang-orang yang memiliki izin khusus dari Keraton yang diperbolehkan menikah di bangunan utama masjid Agung Sang Cipta Rasa tersebut.

Suami Nani Wijaya, Ajib Rosidi, Dilarikan ke Rumah Sakit

Ajip Rosidi, lanjut Jazuli, sebelumnya sudah memiliki hubungan yang erat dengan Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadingrat.

"Mereka secara intens berkomunikasi. Apalagi Sultan Sepuh selama ini dikenal dekat dengan budayawan, salah satunya bapak Ajip Rosidi," kata Jazuli. Sehingga saat mengirimkan utusan untuk meminta izin pernikahan di masjid Agung Sang Cipta Rasa sekitar Januari lalu langsung disetujui oleh Sultan Sepuh.

Ajip, budayawan asal Kabupaten Majalengka, Jawa Barat tersebut juga sengaja memilih masjid Agung Sang Cipta Rasa untuk menikah kedua kalinya dengan Nani Wijaya. “Banyak yang tidak tahu masjid ini,” kata Ajip.

Padahal menurutnya masjid Agung Sang Cipta Rasa merupakan masjid yang dibangun pada abad ke-15 saat Sunan Gunung Jati dan para wali lainnya yang arsitekturnya hingga kini masih terjaga dengan baik.

Sedangkan Nani Wijaya mengaku setuju menikah di masjid Agung Sang Cipta Rasa karena dirinya memang asli orang Cirebon. “Saya dilahirkan dan dibesarkan di Kota Cirebon,” kata Nani.

Ajip Rosidi menyerahkan emas seberat 50 gram emas sebagai mas kawinnya. Sebagai saksi pernikahan, Sultan Sepuh XIV PRA Arief Natadiningrat dan Subrata, mantan Dirjen Radio Televisi dan Film (RTV).

Usai akad nikah, para tamu akan dipersilahkan menyantap hidangan walimahan di bangsal pagelaran Keraton Kasepuhan.

Laporan Azizi Erfan – Cirebon

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya