Dicari Ilustrator Terbaik untuk Ikut Kompetisi di Jepang

Prescon Ilustrator Kontes Asia
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria

VIVA.co.id – Dua ilustrator terbaik Indonesia akan diberangkatkan ke Jepang untuk mengikuti Ilustrator Contest Asia. Kontes ilustrasi yang diadakan oleh Wedge Holding ini akan mengambil masing-masing dua ilustrator dari Mongolia, Thailand, Vietnam dan Indonesia.

Seniman Asal Bali Yessiow Bawa Nama Indonesia ke Festival Mural di Eropa

"Jadi kami akan buka pendaftaran, dan kami harapkan 500 ilustrator Indonesia bisa ikut, nanti dua pemenang dari masing-masing negara akan diberangkatkan ke Jepang untuk dipromosikan karyanya," kata CEO and Representative Managing Director, Tatsuya Konoshita di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa, 16 Mei 2017.

Tatsuya menjelaskan, kontes bertema The Gate to The World for Asian Talent ini bertujuan untuk menemukan kreator dari tiap negara, dan mempromosikan para talenta tersebut ke panggung dunia.

Antonio Wisesa Ubah Batik Karya Iwan Tirta Jadi Seni Digital NFT

"Untuk kreator yang berhasil menjadi pemenang akan mendapat kesempatan untuk mempertunjukkan karyanya di Jepang dan negara lain, dan juga kesempatan mendapat kontrak manajemen eksklusif untuk kegiatan promosi sebagai kreator di tingkat dunia," kata dia.

Untuk proses pemilihan sendiri, akan dilakukan dalam dua metode, yakni berdasarkan voting dan juga penilaian juri. Adapun juri yang akan menilai karya yang masuk berasal dari Jepang, Indonesia, Vietnam, Mongolia dan Thailand.

5 Fakta Kharisma Jati, Komikus Kontroversial yang Hina Ibu Negara

"Kalau kriteria penliaiannya pasti visual, jadi dari sisi komposisi anatomi, sisi teknis nanti kita lihat kualitasnya dan yang paling penting konsepnya, apakah mampu menterjemahkan tema secara unik," ujar Chris Lie, dewan juri dari Indonesia, sekaligus ilustrator ternama untuk tokoh Amazing Spiderman dan Transformers.

Sebagai informasi, pendaftaran telah dibuka sejak 13 Mei 2017. Sedangkan pengumuman hasil seleksi akan dilakukan pada 31 Juli mendatang, dan karya pemenang akan dipamerkan pada 2018 mendatang. (mus)

Kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

AI: Peluang atau Ancaman bagi Pekerja Seni?

Pesatnya penggunaan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) kini tersebar luas di berbagai sektor dan aplikasi. Bahkan, AI disebut bisa 'menyenggol' pekerja seni.

img_title
VIVA.co.id
12 Oktober 2023