Ada Acara Seru di Museum Nasional Akhir Pekan Ini

Pameran di Museum Nasional Jakarta
Sumber :
  • Muhammad Yudha

VIVA.co.id – Museum Nasional bekerja sama dengan kolektif seni Ruang Rupa, menggelar perhelatan acara pameran seni RRREC Fest, yang digelar sejak 18 hingga 24 Mei 2017 mendatang.

Dituding Jadi Selingkuhan Rizky Nazar, Ini Jawaban Salshabilla Adriani

Acara yang digelar di Museum Nasional kawasan Medan Merdeka Barat ini, menampilkan berbagai karya seni rupa dan penampilan sejumlah musisi dalam tujuh hari penyelenggaraannya tersebut.

Ditemui di sela-sela acara pameran, Program Manager kolektif seni Ruang Rupa, Indra Ameng menjelaskan, acara ini digagas pihaknya bersama pengelola Museum Nasional, demi memasyarakatkan museum sebagai ruang yang lebih ramah dan terbuka bagi publik.

Prabowo Makin 'Gemoy' Kuasai Parlemen Jika PKB dan Nasdem Gabung Koalisi

"Kami mencoba mengajak pengunjung museum untuk berinteraksi dengan cara yang berbeda, untuk memaksimalkan museum sebagai ruang penciptaan karya seni. Jadi biar pengunjung lebih intim lah sama benda-benda yang dipamerkan di museum ini," kata Ameng di Museum Nasional, Jakarta, Sabtu 20 Mei 2017.

Dalam rangkaian acara ini, Ameng menjelaskan jika pihak Ruang Rupa juga mengajak lima kelompok seniman dan tiga seniman individu yang memiliki medium karya yang spesifik, untuk ikut serta dalam penyelenggaraan pameran RRREC Fest 2017 ini.

Panas Ekstrem Melanda Thailand, 30 Orang Tewas

Beberapa di antaranya seperti kelompok pembuat video The Jadugar, komunitas Cut and Rescue dengan teknik seni kolase (cut and paste), dan sejumlah seniman individu lainnya.

"Seperti misalnya seniman mural The Popo, terus ada Aprilia Hapsari yang merupakan seorang ilustrator, dan lain sebagainya," kata Ameng.

Dia juga menjelaskan, para seniman yang terlibat dalam pameran kali ini bersama-sama menampilkan berbagai hasil karya mereka, yang merupakan respons langsung dari benda dan karya seni yang sebelumnya sudah ada di Museum Nasional tersebut.

"Jadi mereka itu mencoba merespons museum dengan melihat apa karya-karya di museum ini yang bisa direspons, untuk mereka jadikan karya seni yang baru sesuai bidang mereka. Nah di situlah para pengunjung juga diajak berinteraksi langsung dalam berbagai karya tersebut," ujarnya.

Diketahui, selain menampilkan berbagai hasil kreasi seni dari para seniman yang ikut berkolaborasi di RRREC Fest 2017 ini, sejumlah pemusik dari yang tradisional hingga modern juga turut tampil dalam rangkaian acara hari ini.

Lalu, ada juga sejumlah penampilan musik dari mulai Adrian Adioetomo, Rapper Joe Million, dan kelompok musik electronic spoken words, Danger Dope, yang akan tampil pada petang hari ini.

Sementara untuk jadwal acara di hari Minggu 21 Mei 2017 besok, musisi yang akan tampil antara lain seperti Diskoria, Ramayana Soul, Bottlesmoker, dan White Shoes and The Couples Company.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya