Tradisi Leluhur Lebaran di Keluarga Krisdayanti-Yuni Shara

Keluarga Krisdayanti dan Yuni Shara saat Lebaran
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bobby Agung

VIVA.co.id – Adik kakak, yang juga penyanyi beken asal Indonesia, Krisdayanti dan Yuni Shara, menjadi satu dari sekian banyak umat Muslim yang merayakan Idul Fitri 1438 H. Seluruh keluarga berkumpul di rumah KD yang terletak di kawasan Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

6 Caleg Artis Dapat Perolehan Suara Tinggi, Ada Ahmad Dhani hingga Komeng Posisi 3 Besar

Selama berkumpul, ada satu tradisi yang tak luput dilakukan oleh keluarga artis ini. Hal tersebut, tak lain adalah sungkeman.

KD mengungkapkan bahwa keluarganya rutin melakukan tradisi ini, karena sudah menjadi warisan leluhurnya. Lebih lanjut, istri Raul Lemos ini menceritakannya kepada VIVA.co.id.

Deretan Artis dan Influencer yang Dukung Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

“Aku ingin bercerita, kalau misalkan tradisi sungkeman ini sudah leluhur kami, karena kita orang Jawa,” ujarnya, Minggu,= 25 Juni 2017.

Sang kakak, Yuni Shara turut menambahkan bahwa mereka membudayakan ini dari kedua orangtuanya dahulu hingga anak-anaknya. Menurut ibu dua orang anak tersebut, tradisi sungkeman mampu menjadi momen yang ditunggu-tunggu.

Beda Pilihan Capres dengan Orang Tua, Aurel Hermansyah: Berbeda Tapi Tetap Bersama Ya

“Lebaran tuh yang ditunggu-tunggu selain silaturahmi, ya sungkeman. Saya menurunkan ke anak-anak biar terbiasa, yang penting ngikut dulu, nanti juga mengerti,” kata Yuni.

Meski telah menjadi kebiasaan, namun bagi KD, ada sosok yang belum terbiasa dengan tradisi ala Jawa ini. Sosok tersebut, tak lain dan tak bukan adalah suaminya sendiri, Raul Lemos.

“Justru pada enam tahun ke belakang ini, yang mesti melakukan penyesuaian itu suamiku sendiri. Karena secara kultur, adat kami dan Timor Leste kan berbeda,” tuturnya.

Open house di rumah KD, sampai saat ini masih berlangsung. Selain berkumpul bersama Yuni Shara dan keluarga besarnya, ia turut mengundang warga sekitar serta rekan lain yang mulai berdatangan pada siang hari. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya