Kiat bagi Desainer Muda Untuk Eksis di Dunia Fashion

Konferensi pers Young Fashion Designer Competition (IYFDC)
Sumber :
  • VIVA/Diza Liane

VIVA – Persaingan dunia fashion kian kompetitif. Banyak desainer muda yang ingin menunjukkan karyanya dan ini bukan hal mudah.

Desainer Muda Asia Diajak untuk Ciptakan Desain yang Berdampak Sosial

Untuk mendapatkan hati para pecinta fashion, mereka perlu memahami pakem dalam menciptakan karya yang berbeda dan berkarakter.

Poppy Dharsono, Presiden Indonesia Fashion Week 2018 menuturkan, beragam kultur di Indonesia, membuat perbedaan dengañ dunia fesyen di luar negeri. Ini yang harus berani ditampilkan oleh desainer muda dengan karya yang unik.

Desainer Muda Indonesia Menang di Ajang Penghargaan Internasional

"Aplikasi kultur akan membuat fashion Indonesia menjadi terpandang di dunia internasional. Sebab, kita memiliki sesuatu yang berbeda serta bisa ditampilkan dengan indah oleh para desainer. Desainer harus mampu memberi nilai tambah di karyanya," ujar Poppy, saat ditemui dalam konferensi pers Young Fashion Designer Competition (IYFDC), di The Sultan, Jakarta, Jumat 26 Januari 2018.

Menurut Poppy, produk lokal harus bisa membanggakan dan memberikan ciri serta kepribadian yang tercermin pada desain.

Limbah Fashion Bikin Khawatir, Desainer Coba Bahan Ramah Lingkungan

Selain itu, proses pemasarannya juga harus diperhitungkan secara baik, dimana wadah digital sudah mulai tren menjadi sebagai tempat memamerkan karya.

"Selama ini, kami selalu menemukan mutiara-mutiara berbakat melalui ajang IYFDC. Kreativitas mereka luar biasa dan didukung semangat tinggi untuk mengembangkan bisnis di pasar lokal. Namun tantangan para desainer muda saat ini bukan hanya menghasilkan karya. Mereka juga harus memahami tren dan perilaku konsumen dalam platform digital yang saat ini terus tumbuh," ujarnya.

Poppy meyakini perlunya memberikan bimbingan berbisnis kepada para desainer muda. Dalam bentuk kompetisi bergengsi Indonesia sehingga dapat memicu imajinasi serta kreatifitas desainer.

Nantinya, para pemenang kompetisi ini juga akan tampil dalam Indonesia Fashion Week yang akan digelar pada 28 Maret–1 April 2018 di Jakarta Convention Center.

"Young desainer adalah masa depan dunia mode di indonesia. Dengan membimbing mereka memamerkan karya melalui online shopping, maka secara filosofi bersama-sama memiliki tanggung jawab mempersiapkan perancang, memulai sesuatu yang revolusi yakni mengenal dan membangun karya secara digital." (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya