Gaya Rambut Kim Kardashian Dikritik Habis-habisan, Kenapa?

Kim Kardashian
Sumber :
  • Instagram Kim Kardashian

VIVA – Kim Kardashian telah banyak mendapat kritikan gaya rambut terbarunya. Istri Kanye West ini secara kontroversial menggambarkan gaya rambutnya yang dikepang sebagai kepangan Bo Derek.

Jadi Pendamping Lionel Messi, Anak Kim Kardashian Dihujat saat L.A. Galaxy Menjamu Inter Miami

Kim memamerkan gaya rambutnya itu dalam sebuah video yang diunggah dalam akunnya di media sosial pada Minggu lalu, 28 Januari 2018.

"Jadi, teman-teman, saya mengepang rambut Bo Derek, dan saya benar-benar menyukainya," kata dia dalam video tersebut

Kim Kardashian dan Odell Beckham Jr. Kepergok Jalan Bareng Usai Hadiri Pesta

Aktris kulit putih Bo Derek terkenal dengan gaya rambut kepang cornrows di film 10 yang tayang pada tahun 1979 silam. Menurut cosmetologist dan penata rambut Toni Love, gaya rambut cornrows berasal dari Afrika.

"Rambut kepang yang rumit menunjukkan suku Anda," katanya, seperti dilansir dari The Independent, Rabu 31 Januari 2018.
.
Dia menjelaskan bahwa wanita mulai menata rambutnya dengan model kepang cornrows pada tahun 3000 sebelum Masehi (SM). Sementara pria mulai melakukannya pada abad ke-19, terutama di di Ethiopia.

Mengenal PicoCARE 450, Treatment Langganan Beyonce Hingga Kim Kardashian

Oleh karena itu, ketika Kim menata rambutnya dengan model kepang cornrows, banyak orang menuduh Kardashian menyakinkan dia terinspirasi gaya rambut orang kulit putih, padahal gaya rambut itu sangat jelas berasal dari budaya kulit hitam.

"Anda bisa menyebut salah satunya tetapi Anda menyebut (kepang) Bo Derek memberikan kredit kepada seorang wanita kulit putih untuk gaya kulit hitam," kata pengguna Twitter.

Kendati demikian, beberapa orang memakluminya karena subjek ras mungkin tidak pernah terlintas dalam benak Kim. Sehingga, dia tidak boleh dihukum karena anggapan perampasan budaya. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa isu rasial itu sensitif dan harus menjadi pertimbangan untuk mengungkapkannya ke publik.

"Menyangkal keberadaan kulit berwarna artinya menolak sejarah peristiwa yang membawa kita sampai saat ini," tulis pengguna Twitter lainnya.

Ada juga yang mengatakan bahwa ras adalah sebuah isu dan berharap semua orang untuk bersikap adil. Selain itu, ada yang meminta agar orang kulit putih mengungkit topik soal ras karena itu bisa menimbulkan kontroversi dan ketidaknyamanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya