Cantiknya Baju yang Dipakai Penyambut Jokowi di Afghanistan

Perempuan wanita gadis Afghanistan dengan busana tradisional
Sumber :
  • REUTERS/Massoud Hossaini

VIVA – Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kenegaraan ke Afghanistan pada Senin lalu, 29 Januari 2018. Ini merupakan kunjungan kedua mantan Gubernur DKI Jakarta itu ke negara tersebut.

Taliban Rayakan 2 Tahun 'Kuasai' Afghanistan

Sejumlah perempuan dan pria yang melambaikan bendera Indonesia dan Afghanistan saat kedatangan Jokowi di Istana Kepresidenan di Kabul, Afghanistan. Salah satu yang menarik perhatian adalah seorang remaja putri cantik dalam balutan busana shalwar kameez atau pakaian tradisional Afghanistan warna hijau.

Shalwar atau celana yang dikenakan berwarna hijau model Alibaba dengan bagian bawah menyempit dan aksen bordir emas. Sementara kameez atau blus panjang yang dikenakan warna hijau berpadu warna bendera Afghanistan dengan aksen bordir emas.

Cantik, Sri Mulyani Kenakan Hanbok di Korea Hingga Bikin Warganet Kesirep

Dia memasangkan dengan tudung kepala berukuran panjang warna senada berbordir emas di bagian tepi dan sepatu flat warna krem. Di bawah rintikan hujan, gadis tersebut memegang bendera Indonesia berukuran mini.

Perempuan penyambut Jokowi di Afghanistan

Taliban Kabarkan Berhasil Bunuh Anggota ISIS Dalang Tragedi Bom Bandara Kabul 2021

Tak hanya dia, sejumlah remaja putri dan putra berbaris di kedua sisi jalan di Istana Kepresidenan dalam balutan busana serupa. Remaja putra mengenakan busana warna putih dipadu dengan sepatu Aladdin.

Dikutip dari berbagai sumber, shalwar kameez kali pertama muncul pada abad ke-12 saat era Islam. Biasanya busana ini terdiri dari tiga potong, yakni gaun panjang selutut, celana dan selendang panjang.

Busana tersebut umum dikenakan pria dan wanita di daerah Asia Selatan bagian utara dan Asia Tengah. Awalnya, busana ini dipakai di Afghanistan, Pakistan dan India bagian utara. Seiring perkembangan zaman, busana ini banyak mengalami modifikasi, baik warna maupun motifnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya