Enam Superfood untuk Wajah Cantik Alami

Ilustrasi kecantikan/wanita.
Sumber :
  • Pixabay/Laleyla

VIVA – Memiliki kulit cantik dan sehat menjadi impian banyak orang, terutama kaum wanita. Untuk itu, banyak kaum Hawa rela menggelontorkan uang dan melakukan perawatan demi mendapatkannya.

Kesalahan Fatal! Semprot Parfum Terlalu Dekat Bikin Wangi Cepat Hilang, Ini Alasannya!

Dan bukan cuma perawatan dari luar tubuh. Makanan yang dikonsumsi ternyata juga bisa memengaruhi kondisi kulit. Makanan yang tepat bisa memberi keajaiban, dan makanan yang salah justru dapat merusak kulit.

Karena itu, sangat baik memilih makanan super yang dapat memberi efek positif. Berikut ini, superfood yang bisa diaplikasikan ke kulit, seperti dilansir dari Times of India, Kamis, 1 Februari 2018.

Negara Terkaya di Asia sampai Tempe yang Merupakan Superfood

Kulit bercahaya

Anda bisa mengonsumsi gandum karena makanan ini bisa berfungsi sebagai produk kecantikan untuk semua tipe kulit. Oatmeal untuk wajah bisa memutihkan dan mencerahkan kulit.

Ahli Gizi Sebut Tempe adalah Superfood, Orang Indonesia Harus Bangga

Anda bisa membuat scrub dari oatmeal dan menambahkan dengan madu atau susu almond, yang bisa dipakai ketika mandi. Scrub ini sangat baik untuk kulit yang rentan berjerawat karena dapat menyerap minyak di kulit.  

Menenangkan kulit

Anda bisa menerapkan kantong teh hijau dingin untuk  meredakan kulit kemerahan akibat terbakar matahari dan mencegah penuaan kulit serta meningkatkan kolagen di kulit.

Selain untuk kulit, kantong teh hijau yang telah didinginkan di lemari es selama 30 menit bisa meredakan mata yang lelah. Teh hijau yang diseduh juga bisa digunakan untuk masker atau mencuci wajah. Teh hijau berfungsi menghilangkan mata bengkak dan lingkaran hitam karena mengandung vitamin K.  

Hidrator alami

Biji chia kaya serat, protein, vitamin E dan asam lemak omega. Biji chia merupakan unsur penting untuk banyak krim dan serum yang menghidrasi kulit. Biji chia bisa dicampur dengan minyak kelapa sebagai serum kulit.

Mengencangkan kulit

Cuka sari apel sangat baik untuk menghilangkan kulit mati dan bisa menjadi toner. Campurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan dua gelas air dan simpan di lemari es. Gunakan 2-3 tetes ramuan ini sebagai toner setiap malam sebelum tidur untuk mengencangkan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Melembabkan

Anda bisa menggunakan alpukat sebagai masker perawatan kulit untuk mengurangi kulit kering dan menambah kelembaban karena mengandung vitamin A dan E, yang keduanya memiliki sifat antioksidan.

Antipenuaan

Acai berry merupakan sumber antioksidan dan memiliki sifat antipenuan yang membantu mencegah radikal bebas yang dapat merusak sel kulit. Campur segelas stroberi yang telah dihaluskan dengan bubuk acai berry bubuk dan oleskan pada kulit yang telah diberishkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya