Tenun dan Batik Indonesia Siap Pukau London Fashion Week

Monique Soeriaatmadja (blazer putih) dengan tim Lakme
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA – Satu lagi desainer Indonesia mendapat kesempatan memamerkan karyanya di panggung fesyen internasional. Dia adalah Monique Soeriaatmadja, pemilik label SOE Jakarta.

Ivan Gunawan Ungkap Kris Dayanti Jadi Role Modelnya Selama Ini

Melalui proses seleksi sejak akhir 2016, Monique berhasil terpilih sebagai desainer Indonesia yang menggelar show di panggung Fashion Scout at London Fashion Week 2018. Ini akan menjadi debut pertunjukan solo Monique yang membawa nama SOE Jakarta.

Monique mengatakan, pada fashion show yang akan digelar 16-20 Februari 2018, ia akan membawa 20 koleksi terbarunya. Kali ini, ciri khas SOE yang selalu mengangkat tekstil tenun ini akan dipadukan dengan sentuhan batik modern serta gaya wanita modern yang terinspirasi dari tokoh seniman perempuan abad 20.

Ditegur KPI, Ivan Gunawan Ngaku Gak Punya Temen: Kemaren di Demo Semua Pada Diem

"Koleksi yang ditampilkan ini punya muse Georgina O'Keeffe, pelukis avant-garde asal Amerika. Di abad 20, dia sudah kenal konsep personal branding, saya mau ambil karakternya, kalau masih hidup di zaman sekarang akan jadi wanita seperti apa," ujar Monique saat konferensi pers di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu, 7 Februari 2018.

Untuk rancangan terbaru SOE yang dibawa ke Fashion Scout, Monique akan menggunakan batik untuk pertama kalinya dan lebih banyak bermain tekstur tenun. Uniknya, motif batik yang dipakai Monique diambil dari salah satu lukisan karya Georgina.

7 Sumber Kekayaan Ivan Gunawan yang Mundur dari Acara TV dan Pamit ke Luar Negeri

Pada lukisan tersebut, Monique menggambar ulang menggunakan cat air, kemudian dicetak menjadi alat cap batik. Monique memang ingin menggabungkan antara pembuatan kain tradisional, namun menghasilkan desain dengan kesan modern.

Pada pertunjukan debutnya ini, Monique juga didukung oleh Lakme yang akan memberikan make-up look pada para model di fashion show-nya. Lakme menggandeng make-up artist Archangela Chelsea sebagai make-up director untuk show SOE.

Chelsea mengatakan, tampilan make-up yang dibuatnya untuk SOE terinspirasi dari salah satu lukisan karya Georgina O'Keeffe yang bertema Red Canna.

"Penggunaan warna-warna bernuansa oranye yang on trend seperti coral blush dan orange candy pada bibir, dipadukan dengan warna soft nude pada pipi, orange reddish eyeshadow dan dramatic mascara akan memberikan overall look yang bold dan glamorous," ujar Chelsea.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya