Begini Ciri-ciri Kulit Sehat

Ilustrasi kulit sehat.
Sumber :

VIVA – Merawat kulit penting dilakukan demi menjaga kesehatannya, karena kulit merupakan organ terluas di tubuh manusia. Terlebih, kulit menjadi bagian terluar tubuh yang langsung terpapar kotoran dan sinar matahari.

Selama Puasa Dilarang Pakai Skincare dengan Bahan Ini, Kenapa?

Jika tak dirawat dengan baik, kulit akan terlihat kusam dan cepat mengalami penuaan. Akibatnya, penampilan menjadi tak sedap dipandang. Menurut ahli kulit dr. Nur Dalilah, SpKK, secara garis besar, kulit yang sehat adalah tampilannya yang halus, terhidrasi dengan baik, warna kulit merata atau tidak ada masalah pigmentasi, serta masalah kulit lainnya seperti jerawat.

"Tampilannya supple, halus, rata, dan tidak ada masalah kulit yang berarti. Atau, tampilannya seperti baby skin," ujar Dalilah dalam acara media gathering Wardah Love Your Skin di Union Yoga, Jakarta, Selasa, 27 Februari 2018.

Efektif Cegah Kulit Kering, Formula Ini Ampuh Beri Kelembapan Maksimal

Untuk mendapatkan kulit yang sehat tentu dibutuhkan perawatan yang tepat. Dalilah menganjurkan, perawatan haruslah disesuaikan dengan jenis kulit dan permasalahan yang muncul.

masker kopiMasker dan eksfoliasi, bisa dijadikan rutinitas perawatan kulit di rumah.

Inilah Waktu yang Paling Tepat Pakai Pelembap untuk Atasi Kulit Kering

Dia menjelaskan bahwa tipe kulit dibagi menjadi empat, yaitu normal, kering, berminyak, dan kombinasi. Pada kulit normal, biasanya tidak akan terjadi masalah, sementara kulit kering ketika mencapai usia di atas 30 tahun akan cenderung muncul kerutan.

Kulit berminyak masalah yang sering muncul adalah jerawat, dan masalah jerawat ini juga belum tentu usai hingga melewati usia 30 tahun. "Bahkan bisa menjadi tambah parah," kata Dalilah.

Untuk tipe kombinasi, Dalilah mengatakan, diperlukan pemeriksaan oleh dokter. Dokter harus melihat langsung bagaimana kondisi kulitnya untuk bisa memastikan bahwa itu jenis kulit kombinasi. Untuk perawatan tipe kulit ini, diperlukan eksfoliasi untuk membantu agar tidak terlalu berminyak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya