Meski Super Bau, Ternyata Belerang Punya Segudang Manfaat

Ilustrasi kecantikan/wanita.
Sumber :
  • Pixabay/Laleyla

VIVA – Sulfur atau belerang adalah mineral alami yang memiliki bau sangat menyengat yang khas. Di balik baunya yang menusuk hidung tersebut, sulfur memiliki banyak manfaat untuk kecantikan.

Kesalahan Fatal! Semprot Parfum Terlalu Dekat Bikin Wangi Cepat Hilang, Ini Alasannya!

Sulfur selama beberapa abad telah digunakan dalam rezim perawatan kulit untuk memperbaiki kondisi kulit, seperti jerawat, eksim dan psoriasis. Namun studi pada 2012 silam menyebutkan karena bau yang menyengat, sulfur tidak dipilih dalam produk perawatan kulit.

Kendati demikian, kini beberapa produk perawatan kulit mulai menggunakan sulfur. Penggunaan sulfur dalam produk perawatan kulit jauh lebih efisien dibanding harus berendam di pemandian sulfur, seperti yang dilakukan orang Romawi kuno demi mendapatkan manfaatnya.

Belerang dan Asam Salisilat, 2 Kombinasi Diklaim Efektif Perangi Jerawat

Dikutip dari Independent, sulfur memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri alami, yang dapat membersihkan bakteri dari pori-pori, yang bisa menyebabkan jerawat dan membantu mengurangi produksi sebum atau minyak berlebih di kulit, yang dapat menyebabkan jerawat.

"Sulfur pertama kali dilaporkan berguna dalam (pengobatan) jerawat pada tahun 1949 dan beberapa studi awal 1950-an menunjukkan manfaat sulfur," kata Dr Tim Clayton, seorang ahli dokter kulit dan jerawat di Manchester.

Kian Tipis Menemukan Kehidupan di Venus

Ilustrasi kulit wajah berjerawat.

Kendati demikian, dia menjelaskan, sulfur memiliki efek samping, seperti peeling atau mengupas permukaan kulit. Akibatnya, sulfur dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan. Bahkan untuk beberapa orang, mereka tidak bisa menolerir efek samping tersebut.  

"Sulfur digunakan secara topikal dengan bentuk krim yang bisa bermanfaat untuk kasus-kasus jerawat ringan," ujarnya.

Sulfur juga berperan sebagai keratolitik, yang dapat mengupas lapisan kulit bagian atas ketika diaplikasikan, mengangkat sel-sel kulit mati dan meregenerasi kulit. Beberapa ahli perawatan kulit mengatakan bahwa mineral ini juga dapat berperan sebagai eksfoliasi alami.

"Ahli kulit menggunakan variasi mengencerkan sulfur dalam krim karena dapat menghilangkan lapisan keratin di luar kulit," kata Dr Adam Friedman.

Seorang juru bicara untuk perawatan kulit mewah merek Gazelli menambahkan bahwa sulfur digunakan dalam banyak masker wajah dan dapat digunakan untuk membantu mengontrol dermatitis.

Sulfur juga memainkan peran penting dalam menjaga jaringan ikat yang sehat, memetabolisasi lemak dan mengatur gula darah. Selain itu, meningkatkan tekstur, volume, kekenyalan dan kemilau rambut.

Namun, tidak semua cocok menggunakan sulfur. Kandungan mineral ini bahkan bisa berbahaya bagi beberapa orang, terutama mereka yang memiliki kulit kering atau sensitif. Meski manfaatnya banyak, bagi Anda dengan kulit sensitif dan kering, sebaiknya konsultasi dahulu ke dokter sebelum memakai sulfur atau produk perawatan kulit dengan kandungan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya