Waktu Tepat Buang Produk Kecantikan ke Tempat Sampah

Ilustrasi kosmetik.
Sumber :
  • pexels

VIVA – Wanita tak bisa lepas dengan yang namanya kosmetik atau produk kecantikan. Sebab, produk tersebut bisa mendukung penampilan mereka.

Luna Maya Dapat Kucuran Dana Hingga Milyaran Rupiah, Benarkah?

Sayangnya, beberapa wanita tak menyadari tanggal kedaluwarsa produk kecantikan yang dipakainya. Perlu diketahui bahwa produk yang sudah dibuka hanya bisa bertahan enam bulan hingga satu tahun, beberapa di antaranya ada pengecualian.

Sementara jika suatu produk belum dibuka dan disimpan dengan benar, yakni di tempat yang sejuk dan kering dan jauh dari suhu tinggi serta paparan sinar UV, itu bisa bertahan hingga tiga tahun. Dikutip dari Huffington Post, ahli kecantikan Ni'Kita Wilson memberi bocorannya kapan saatnya membuang produk kecantikan Anda mulai dari toner hingga maskara.

Industri Kecantikan Kinclong, Startup Ini Kebanjiran Investor

1. Toner

Produk ini bisa bertahan antara 18 hingga 24 bulan. Namun, jika Anda melihat perubahan warna, bau atau ketebalan, mungkin waktu tepat untuk membuang toner Anda.

Kisah 2 Pebisnis, Mau Bikin Skincare Lokal Sebagus Korea

2. Pelembap

Ketahanan pelembap tergantung dengan kemasannya, tapi rata-rata antara 12-15 bulan. Pelembap dalam tabung bisa lebih tahan lama lagi sampai 18 bulan, sedangkan dalam kemasan botol bisa bertahan 12 bulan. Anda harus membuangnya jika tekstur mulai berubah, lebih cair atau semakin keras.

3. Krim retinol

Krim retinol memiliki ketahanan sama dengan pelembap. Karena mirip dengan pelembap, jika Anda melihat terjadi perubahan warna, tekstur atau bau, buanglah. Dan pastikan untuk menyimpan wadah kaca krim jauh dari cahaya.

4. Tabir surya

Tabir surya bisa bertahan tiga tahun dan jangan gunakan jika sudah berusia lebih dari tiga tahun. Jika warna atau konsistensi berubah dan sudah terkena suhu tinggi, sebaiknya buang.

Tabir surya

5. Serum vitamin C

Serum vitamin C biasanya bisa bertahan hingga setahun setelah dibuka, tetapi bervariasi pada jenis vitamin C yang digunakan.

“Jika (produk Anda) menggunakan asam askorbat, pasti buang setelah setahun. Jika menggunakan sesuatu seperti asam askorbat 3-O-Etil, bisa bertahan sampai 15 bulan karena sedikit lebih stabil,” kata Wilson. Anda bisa membuang produk ini jika mulai berwarna kecokelatan.

6. Minyak wajah

Minyak wajah bisa bertahan antara 9-12 bulan. Anda bisa membuangnya ke tempat sampah jika sudah berbau atau berbeda dari biasanya.

7. Primer

Satu tahun adalah waktu produk ini mampu bertahan. Produk matte mungkin bisa bertahan lebih lama, tapi aturan umumnya, tak memakainya lagi setelah lebih dari satu tahun.

8. Foundation

Produk ini bisa bertahan 12-18 bulan dalam bentuk cairan, sedangkan bubuk bisa sampai 15-18 bulan jika disimpan dengan tepat, yakni di tempat kering dan sejuk serta jauh dari paparan sinar UV. Produk ini sebaiknya tak digunakan lagi jika warnanya berbeda dan mengering.

9. Concealer

Concealer bisa bertahan selama setahun. Anda bisa membuangnya bila usianya sudah lebih dari setahun atau jika sudah mengering.

10. Maskara

Maskara hanya bisa bertahan 6-8 minggu, namun ada yang bisa digunakan hingga tiga bulan. Umurnya yang pendek lantaran maskara biasanya mengering sebelum kedaluwarsa. Jika maskara mulai rapuh atau tidak benar-benar menempel pada sikat, saatnya untuk melemparnya ke tempat. sampah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya