Kesalahan Make Up yang Sering Dilakukan Wanita

Wanita memakai make up
Sumber :
  • female.com

VIVA – Saat ini make up sudah menjadi bagian penting bagi banyak wanita. Dengan make up, wanita bisa merasa lebih percaya diri. Make up memang mampu membantu koreksi kekurangan pada wajah seperti kantung mata, flek hingga warna kulit tidak merata.

Begini Cara Pakai Eyeliner untuk Si Mata Sipit, Ternyata Simpel

Meski menjadi 'senjata' andalan, sayangnya masih banyak wanita yang melakukan kesalahan dalam ber-make up. Alih-alih terlihat sempurna, kesalahan make up itu justru membuat wajah terlihat tidak alami.

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan wanita, adalah memilih warna foundation yang tidak pas dengan warna kulit. Hal ini diakui oleh make up artist sekaligus beauty influencer, Natasia Adriana.

Murah dan Bagus, 5 Produk Make Up Rekomendasi Beauty Influencer

Ilustrasi produk kosmetik.

Memilih warna foundation yang pas, memang sedikit tricky. Tidak sedikit wanita yang memakai foundation tapi wajahnya malah terlihat kusam. "Jika Anda sudah menggunakan foundation, namun wajah tidak terlihat lebih segar justru terlihat lebih gelap, berarti Anda salah memilih foundation yang sesuai dengan warna kulit Anda," ucap Natasia saat ditemui VIVA beberapa waktu lalu.

Wanita yang Pakai Make Up untuk Bekerja, Digaji Lebih Tinggi

Kalau dulu, ada teori dalam memilih warna foundation. Yaitu, pilih warna foundation satu tingkat lebih gelap dari kulit, lalu lapisi dengan bedak yang berwarna setingkat lebih terang dari kulit. Kini, teori itu sudah tidak berlaku lagi. Paling aman, pilih warna foundation yang semirip mungkin dengan warna kulit wajah. alternatif lain, pilih tinted moisturizer atau BB cream yang sama-sama memiliki daya coverage namun dalam formula dan tekstur yang lebih ringan dari foundation.

Kesalahan make up selanjutnya, masih menurut Natasia adalah terlalu berlebihan. Menurutnya, penggunaan make up yang baik yakni dengan membuat satu titik fokus saja di wajah.

Prinsip klasik yang masih harus dianut hingga kini, adalah 'less is more'. Make up adalah tentang keseimbangan. Tidak perlu setiap bagian tampil habis-habisan.

Riasan mata sunset eyes

"Beberapa orang melakukan kesalahan dengan menggunakan make up secara berlebih, misalnya di bagian kelopak mata sudah menggunakan eyeshadow berwarna bold, lalu digabungkan dengan eye liner yang tebal, dan lipstik berwarna bold terang.

Sebaiknya pilihlah salah satu saja, misalnya ingin menggunakan lipstik merah, sebaiknya make up di bagian mata dan pipi dibuat natural saja," ucapnya.

Terlalu banyak memakai warna pada wajah, malah bisa membuat Anda terlihat lebih tua dari umur yang sebenarnya. (ren) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya