Di Indonesia Bra Lebih Sering Disebut BH, Ini Alasannya

Ilustrasi bra.
Sumber :
  • Pixabay/Meditations

VIVA – Bra merupakan jenis pakaian dalam wajib bagi para kaum hawa. Manfaatnya sungguh besar dan bukan cuma sekadar menopang payudara, melainkan juga menjaga postur tubuh wanita, menjaga kesehatan tulang punggung, menjaga keelastisan payudara dan masih banyak lagi.

Viral Larangan Perempuan Pakai BH, Penulis Minta Maaf!

Bra juga terdiri dari berbagai jenis, yang dibedakan menurut fungsinya. Beberapa di antaranya, demi, full support, strapless, sports, padded bra, push-up, front closure, underwire, seamless t-shirt, dan u-plunge bra.

Namun, pernahkah Anda menyadari bahwa di Indonesia, masyarakat lebih sering menyebut bra dengan sebutan BH atau beha. Meski sebutan ini sudah sangat lazim, namun masih banyak yang belum mengetahui apa alasan di balik penyebutan BH.

Kata MUI soal Hukum Perempuan Memakai BH dalam Islam

Ilustrasi payudara/bra.

Seperti dirangkum VIVA dari berbagai sumber, BH ternyata merupakan singkatan dari 'Buste Houder', yang dalam bahasa Belanda berarti 'penyangga payudara' atau 'penopang payudara'.

Hamil Enam Bulan, Wanita Cantik Ini Simpan Sabu dalam Bra

Namun, dalam satu dekade terakhir, sebutan BH mulai tergantikan dengan kata bra, yang merupakan kependekan dari kata dalam bahasa Prancis 'brassiere' yang bermakna sama. Kata ini lantas diterima dalam bahasa Indonesia melalui bahasa Inggris. Meski begitu, masih banyak juga yang menyebut bra dengan sebutan kutang. (je)

Ilustrasi penumpang di kabin pesawat.

Viral Wanita Naik Pesawat Tanpa Beha, Berujung Hal Mengenaskan

Seorang pramugari datang dan memberinya teguran karena ternyata Archbold tidak mengenakan bra atau beha di balik kaosnya. Akibatnya, Archbold diminta hal ini

img_title
VIVA.co.id
8 Februari 2024