Jaket Denim Buatan Lokal yang Jadi Kesayangan Jokowi

Presiden Jokowi saat menaiki motor kustom anaknya Gibran.
Sumber :
  • VIVA/Dian Tami

VIVA – Masih ingat jaket denim milik orang nomor satu di Indonesia yang sempat viral beberapa waktu lalu? Nah, kali ini Jokowi tampil di muka publik dengan memakai jaket yang sama, tapi pada acara yang berbeda.

3 Fakta Unik di Balik Jaket Denim Favorit Jokowi

Kali pertama, Jokowi memakainya ketika touring dengan motor chopper custom-nya saat kunjungan kerja ke Sukabumi pada 8 April 2018. Hari ini, 19 April 2018, saat meresmikan Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, Jokowi lagi-lagi mengenakan jaket denim yang sama.

Pemandangan ini terbilang unik, pasalnya seorang pemimpin negara hampir tidak pernah terlihat mengenakan pakaian yang sama untuk dua acara berbeda.

Jaket Jokowi dan Tuduhan Terbelahnya NKRI, Desainer Santai

Sepertinya, jaket denim dengan elemen Indonesia itu sudah jadi kesayangan Jokowi. Jaket denim dengan lukisan buatan tangan memang dibuat khusus untuk Jokowi oleh brand fesyen lokal, Never Too Lavish.

Baca juga: Keren, Jaket Denim Jokowi Saat Touring Jadi Viral

Keren, Jaket Denim Jokowi Saat Touring Jadi Viral

Pesanan custom jacket oleh orang nomor satu Indonesia itu, bermula dari kunjungan Jokowi di acara Jakarta Sneakers Day. Muhammad Haudy, founder dari Never Too Lavish bercerita pada VIVA, "Waktu sebulan lebih yang lalu, kan ada acara Jakarta Sneakers Day. Kebetulan Pak Jokowi kan juga ke sana lalu mampir ke booth kita. Beliau tertarik dengan seniman muda yang tergabung dengan Never Too Lavish, dan beliau request untuk dibuatkan jaket, dibuatkan art work. Jadi custom denimnya."

jaket denim

Normalnya, pihak Never Too Lavish membutuhkan waktu sekitar empat minggu untuk mengerjakan sebuah pesanan costum. Tapi khusus Jokowi, mereka ngebut mengerjakannya dalam waktu 10 hari.

Hasilnya, jaket denim dengan motif handmade kepulauan Indonesia pada bagian depan, serta macam-macam budaya suku bangsa Indonesia seperti wayang, batik, penari bali hingga lompat batu.  

Jaket denim

Repotkah memenuhi pesanan Jokowi? ternyata tidak. Dilanjutkan Haudy, "Pak Jokowi minta didesainkan suatu yang ada budaya atau kesenian indonesia dan kami propose, beliau setuju dan kami buatkan."

Tidak ada special request dari Jokowi. Pada saat pengerjaan jaket tersebut, tim desainer berkomunikasi lewat salah satu staf sang presiden.

Tampil kasual dengan jaket denim dan sneakers, sepertinya jadi favorit Jokowi saat menghadiri event yang 'berbau' otomotif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya