7 Trik Jitu Kurangi Minyak di Wajah Sampai Tuntas

Ilustrasi wajah.
Sumber :
  • Pixabay/ MSR_Photography

VIVA – Memiliki wajah mulus dan bebas masalah menjadi impian banyak orang. Namun sayangnya, tak semua orang memilikinya.

Kesalahan Fatal! Semprot Parfum Terlalu Dekat Bikin Wangi Cepat Hilang, Ini Alasannya!

Salah satu yang sering menjadi masalah adalah muka berjerawat. Ada beberapa penyebab dari jerawat, di antaranya kotoran, kulit berminyak dan pori-pori tersumbat.

Untuk mengurangi minyak di wajah supaya tak seperti kilang minyak dan mencegah masalah kulit lebih lanjut, ada beragam cara yang bisa dilakukan.

Masih Pandemi, Perhatikan Ini Kalau Mau Perawatan di Klinik Kecantikan

Berikut ini tujuh cara yang patut kamu coba bila sudah putus asa dengan banyaknya minyak di wajah, seperti dilansir dari Times of India.

1. Pilih Pembersih Wajah

Rahasia Cantik Venna Melinda, Masih Kece di Usia Hampir 50 Tahun

Pilih pembersih wajah yang lembut untuk membersihkan minyak. Lakukan rutin dua kali dalam sepekan untuk menghilangkan penumpukan minyak yang dapat menyumbat pori-pori kulit. Tapi ingat, jangan memilih pembersih wajah yang terlalu keras karena justru akan membuat kulit menjadi kering.

2. Aplikasikan Micellar Water

Produk pendukung kecantikan yang sedang menjadi tren ini berfungsi sebagai toner. Micellar water bisa membantu menghilangkan sebum yang tidak perlu dan memastikan kulit tidak terlalu kering.

Micellar Cleansing Water

3. Gunakan Kertas Minyak

Kertas minyak mengandung asam glikolat yang bekerja membantu mengurangi minyak di wajah. Gunakan satu atau dua lembar setiap hari.

4. Pakai Masker Wajah

Masker tanah liat adalah bahan terbaik untuk mengurangi minyak dan kotoran. Gunakan masker ini seminggu sekali. Tambahkan bahan-bahan seperti madu dan shea butter untuk menghidrasi kulit.

Wanita memakai masker wajah

5. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Pilih makanan yang baik untuk diet. Makanan kaya antioksidan dan asam lemak Omega 3 bisa memfasilitasi proses kulit yang sehat. Di sisi lain, jauhi makanan yang mengandung tinggi gula dan lemak.

6. Lakukan Facial

Jika kamu sering ke klinik perawatan kulit untuk facial, jangan melakukan facial uap. Alasannya, facial tersebut bisa mengupas kelembapan kulit, yang pada akhirnya justru membuat kulit makin berminyak.

Ilustrasi Facial

7. Ke Dokter Kulit

Jika masalah kulit berminyak sudah sulit diatasi, mungkin kamu perlu mengunjungi ahlinya. Datanglah ke dokter kulit untuk meminta bantuan karena kulit berminyak yang parah bisa menimbulkan beragam masalah kulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya