5 Kebiasaan Sepele Ini Tanpa Sadar Bikin Bibir Jadi Gelap

Ilustrasi bibir sehat
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Bibir berwarna merah jambu yang sehat menjadi titik daya tarik dari wajah seseorang. Sebuah fitur wajah yang tidak bisa diabaikan, karena bibir yang merah jambu menambah pesona pada wajah baik wanita maupun pria.

Kelebihan Pakai Essential Oil, Hadirkan Kekuatan Alam dalam Kehidupan Sehari-hari

Tapi, beberapa faktor seperti penuaan, paparan sinar matahari, bisa merusak bibir sehingga menjadi hitam. Selain itu, ada kebiasaan yang tanpa Anda sadari bisa membuat warna bibir menghitam. Berikut ini perilaku yang sebaiknya Anda hindari agar tidak membuat bibir hitam seperti dilansir Times of India.

1. Tidak memakai pelembab

Pencarian Perawatan Kesehatan Global, Memahami Perspektif dan Tren Masyarakat Indonesia

Bibir kering dan pecah-pecah bisa menyebabkan perubahan warna pada bibir. Untuk menjaga bibir tetap sehat, penting untuk selalu memberikan kelembapan. Aplikasikan lip balm yang bagus untuk melembapkan bibir Anda. Carilah bahan seperti cocoa butter atau shea butter untuk memberikan perlindungan kelembapan pada bibir.

2. Tidak mengangkat kulit mati

Kisah Inspiratif Yunna Mercier, di Balik Brand Skincare Lokal

Bibir kita cenderung mudah kehilangan kelembapan karena lapisannya yang sangat tipis dibandingkan bagian kulit lain pada wajah. Untuk menghilangkan bibir pecah dan kering, Anda harus mengeksfoliasinya secara rutin untuk mengangkat kulit mati dan menjaga bibir tetap sehat.

3. Tidak memakai sunblock

Sama seperti kulit tubuh, bibir Anda juga bisa mengalami sun burn. Karena itu, Anda harus melindungi bibir Anda dari sinar UV yang berbahaya. Aplikasikan lip balm yang memiliki SPF 30 sebelum beraktivitas di luar rumah.

4. Merokok

Bibir yang hitam juga bisa disebabkan oleh kebiasaan sering merokok. Ketika Anda mengisap rokok, nikotin dan tar akan menempel ke bibir yang pada akhirnya akan menyebabkan perubahan warna.

5. Tidak melakukan perawatan bibir

Jika membicarakan tentang perawatan kulit, kita cenderung mengabaikan perawatan bibir. Mulai dari pelembap hingga eksfoliasi, Anda harus mengikutsertakan bibir ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda juga. Untuk memperbaiki penampilan bibir, Anda bisa memijat menggunakan minyak almond setiap malam. Pijat secara rutin akan membantu meregulasi aliran darah sehingga membuat bibir lebih berisi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya