7 Langkah Mudah Atasi Masalah Bibir Pecah-pecah

Ilustrasi mulut atau bibir wanita
Sumber :
  • Pixabay/Foundry

VIVA – Bibir kering menjadi salah satu masalah yang sering dialami banyak orang. Paparan sinar matahari, udara kering dan pendingin ruangan dapat menyebabkan bibir kehilangan kelembaban.

Ganggu Penampilan, Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Bagi wanita, bibir adalah salah satu daya tarik mereka. Tak heran, saat bibir terasa kering dan pecah-pecah, rasa percaya diri menurun. Meski ditutupi dengan lisptik, bibir yang kering justru akan terlihat tak menarik. Apalagi, jika bibir kering menimbulkan rasa perih, pecah-pecah, luka dan berdarah.

Jika Anda mengalami masalah bibir kering, berikut tips perawatannya dari Oriflame.

Cegah Bibir Kering di Cuaca Terik? Lip Cream Bisa Jadi Jawabannya

Lembapkan

Bibir lebih cepat kehilangan kelembapannya dibandingkan dengan bagian-bagian tubuh yang lain. Pastikan tubuh tidak dehidrasi sehingga bibir tidak kering dan pecah-pecah dengan minum air putih delapan gelas setiap hari.

Ini 4 Cara Atasi Bibir Kering, Sangat Berguna di Bulan Puasa

Bisa juga menggunakan pelembap bibir. Ini adalah salah satu cara untuk mengatasi bibir kering. The ONE Colour Adapt Lip Balm dari Oriflame juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah ini. Dengan lip balm, bisa juga membantu menjaga bibir terasa lembut dan lembap karena formulanya yang unik.

Tak hanya itu, pelembap berwarna beningnya bereaksi dengan warna alami bibir sehingga membuat pemakainya bisa menunjukkan keunikan identitasnya dengan warna pink miliknya sendiri.

"Selain melindungi bibir, bisa sekaligus berekspresi," ujar Marketing Director Oriflame Indonesia & Southeast Asia, Mona Meer.

Lip Balm

Jangan Dikelupas

Ketika bibir kering, Anda pasti tergoda untuk mengelupasnya dengan menggunakan tangan. Hindari hal ini untuk mencegah iritasi dan luka yang membutuhkan  waktu semakin lama untuk pulih. Akan lebih baik, lembapkan dengan lip balm.

Hindari Menjilati Bibir

Air liur dapat menghilangkan minyak natural bibir  dan membuatnya lebih kering.

Lindungi

Tutupi bagian mulut menggunakan scarf jika udara di luar ruangan dingin dan berangin, untuk membantu mencegah bibir pecah-pecah.

Eksfoliasi

Sekali seminggu, angkat kulit mati pada bibir menggunakan scrub bibir yang lembut. Eksfoliasi juga dapat dilakukan menggunakan pijatan lembut dengan sikat gigi, lalu dilanjutkan dengan menggunakan lip balm.

Jaga Pola Makan

Kesehatan bibir juga dipengaruhi oleh asupan gizi dan pola diet. Cukupi kebutuhan vitamin A untuk membantu memperbaiki kelembapan dan vitamin E untuk menghaluskan dan mencegah garis halus.

Bernapas
Hindari bernapas melalui mulut, karena akan membuat bibir Anda semakin kering.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya