Cantiknya Merchandise Edisi Terbatas Tema Keberagaman

Merchandise karya Didiet Maulana
Sumber :
  • VIVA/ Ayu Utami

VIVA – Indonesia merupakan negara dengan banyak keberagaman. Mulai dari perbedaan suku, budaya, hingga bahasa. Namun seluruh perbedaan itulah yang membuat negara Indonesia menjadi negara yang unik dan indah.

Penantian Tenun Ikat Sekomandi Kalumpang Menjadi Indikasi Geografis Terdaftar

Ternyata hal tersebut dijadikan sebagai inspirasi oleh desainer berbakat Indonesia, Didiet Maulana. Melalui IKAT Indonesia yang membawa tenun ikat dengan motif cekuk dari Bali, ia mengaplikasikan perbedaan dalam merchandise unlimited berkolaborasi dengan Starbucks.

"Motif cepuk sendiri melambangkan persatuan dari perbedaan. Seperti yang diketahui, Indonesia merupakan negara dengan sejuta perbedaan namun saling menghargai perbedaan tersebut. Motif diamond yang saling terhubung itulah yang menjadi simbol dari persatuan beragam perbedaan," ucapnya saat ditemui VIVA dalam peluncuran merchandise Starbucks di Jakarta, Senin 14 Mei 2018.

Promosi ke J League 2024, Tim Pratama Arhan Langsung Jualan Merchandise

Didiet Maulana

Selain melalui pola, Didiet juga menggambarkan keindahan Indonesia melalui pemilihan warna yang ia terapkan pada merchandise tersebut.

Deretan Merchandise Resmi K-Pop Bisa Dibeli di Jakarta, Ada Lightstick hingga Album

Didiet menjelaskan warna hijau merupakan perwakilan dari alam dan Starbucks, cokelat tua adalah biji kopi, cokelat muda melambangkan potensi tanah Indonesia yang subur. Sementara kuning melambangkan letak geografis Indonesia dengan iklim tropis, dan biru melambangkan kekayaan laut Indonesia.

"Saya harap dengan desain ini selain dapat menyatukan budaya internasional dan tradisional namun dapat mengingatkan serta memberitahukan identitas budaya Indonesia kepada kaum muda untuk lebih mencintai negara dan budayanya sendiri," ucapnya.

Merchandise hasil kolaborasi dengan IKAT Indonesia ini dijual mulai dari Rp75 ribu hingga Rp305 ribu.

Merchandise karya Didiet Maulana

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya