Puasa Bikin Kulit Kering, Ini Cara Menyiasatinya

Kulit wajah.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Saat berpuasa, biasanya tubuh kekurangan kecukupan cairan yang seharusnya dipenuhi selama satu hari penuh. Hal ini tentunya bisa berdampak pada kulit yang tidak terhidrasi dengan baik.

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Menjaga kelembapan kulit di saat puasa seringkali terabaikan oleh banyak orang. Padahal, agar minyak alami di kulit tetap terjaga, hanya membutuhkan dua cara sederhana.

"Mandi pakai air dingin agar minyak alami kulit terjaga. Kalau mandi air hangat, minyak alami di kulit bisa makin terkikis dan membuat kulit jadi kering," ujar Spesialis kulit dan Kelamin, dr. Tina Wardhani SpKK (K)., kepada VIVA saat ditemui beberapa waktu lalu.

Kisah Inspiratif Yunna Mercier, di Balik Brand Skincare Lokal

Penyebab Kulit Kusam Yang Wajib Anda Ketahui

Hal kedua yang perlu diperhatikan yaitu memilih sabun yang mampu melembapkan kulit. Sebaiknya, hindari jenis sabun antiseptik selama ibadah puasa berlangsung.

Khasiat Premium DNA Salmon Soap, Beri Manfaat Luar Biasa Kesehatan dan Kecantikan Kulit

"Sabun antiseptik biasanya bersifat mengikis minyak alami kulit juga. Makanya pilih sabun yang mampu melembapkan. Ditambah, pakai lotion setelah habis mandi serta extra lotion usai wudhu," terangnya.

Tak hanya kulit tubuh, menjaga kelembapan bibir juga harus dilakukan saat berpuasa. Dikatakan Tina, pemakaian pelembap bibir yang dioles secara teratur, sangat disarankan saat menjalani ibadah puasa.

"Pakai lip balm dalam sehari bisa tiga sampai empat kali. Coba dimulai saat pagi hari, lalu ulangi saat setelah wudhu, dilanjut menjelang tidur di malam hari," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya